Breaking News:

Bibit Siklon Baru 91S Muncul, Kapal yang Beraktivitas di Samudra Hindia Diminta Waspada

Nelayan dan kapal yang beraktivitas di Samudra Hindia diminta untuk waspada akan munculnya gelombang tinggi.

Editor: Glery Lazuardi
Tribunnews.com
Ilustrasi gelombang tinggi 

TRIBUNBANTEN.COM - Nelayan dan kapal yang beraktivitas di Samudra Hindia diminta untuk waspada akan munculnya gelombang tinggi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau adanya bibit siklon 91s di Samudra Hindia barat daya Sumatera yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Samudra Hindia barat daya Sumatera.

Baca juga: Peringatan BMKG: 28 Kecamatan di Lebak Potensi Cuaca Ekstrem Berisiko Tinggi

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan meski saat ini siklon tropis paddy sebelumnya sudah punah namun bibit siklon tropis yang terpantau bisa dapat berdampak sama seperti dua hari belakangan.

Yakni gelombang tinggi, hujan dengan intensitas lebat serta angin kencang.

"Kami mengimbau nelayan dan kapal yang masih memiliki aktivitas di Samudra Hindia harap waspada dan berhati-hati. Walaupun siklon tropis paddy sudah punah namun ada bibit 91s," ujar Guswanto di program Kompas Petang KOMPAS TV, Rabu (24/11/2021).

Guswanto mengingatkan,  dalam 1x24 jam ke depan pihaknya mengamati perkembangan bibit 91s ini apakah menjadi berpotensi menjadi siklon tropis yang berdampak pada cuaca di sejumlah wilayah Indonesia. 

Menurut Guswanto tekanan rendah di bibit 91s ini sekitar 1008 Hektopascal dengan kecepatan angin masih sekitar 15-18 Knot

"Bibit 91s ini masih pembentukan masih berupa bibit siklon ini akan diketahui menjadi siklon dalam waktu 1x24 jam ke depan," ujar Guswanto. 

Sebelumnya Senin (22/11/2021), BMKG memantau bibit Siklon Tropis 90S yang berada di di Samudera Hindia selatan Jawa Barat telah tumbuh menjadi Siklon Tropis Paddy.

Dampak dari tidak langsung dari siklon tropis paddy ini yakni beberapa daerah antara lain Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah bagian selatan, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB) mengalami hujan sedang hingga lebat pada Selasa (23/11/2021).

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved