Breaking News:

Kaleidoskop 2021

Kaleidoskop Banten 2021: Sengkarut Korupsi Masker Hingga Puluhan Pejabat Dinkes Mengundurkan Diri

Kasus korupsi pengadaan masker yang terjadi pada petengahan 2021, menjadi momok buruk bagi Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten.

Penulis: Ahmad Haris | Editor: Yudhi Maulana A
TribunBanten.com/Ahmad Tajudin
Sidang kasus korupsi pengadaan masker KN95 di Dinas Kesehatan Provinsi Banten kembali digelar hari ini dengan menghadirkan tiga terdakwa, Selasa (16/11/2021) 

TRIBUNBANTEN.COM - Kasus korupsi pengadaan masker yang terjadi pada petengahan 2021, menjadi momok buruk bagi Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten.

Dikutip Tribunbanten.com dari berbagai sumber, kasus ini memakan waktu yang panjang hingga akhirnya para tersangka mendapatkan vonis hukuman pada penghujung tahun 2021 ini.

Awal mula kasus ini ditandai dengan diadilinya terdakwa kasus korupsi pengadaan masker dari pihak Dinkes Banten, yaitu Lia Susanti selaku mantan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinkes Provinsi Banten.

Terdakwa Lia Susanti terbukti secara sah dan meyakinkan, melakukan tindak pidana korupsi pengadaan 15.000 masker medis, untuk penanganan Covid-19 yang merugikan negara Rp 1,6 miliar.

Tidak hanya Lia Susanti, ada pula 2 pengusaha yang terlibat dalam kasus korupsi pengadaan masker ini.

Yairu Direktur PT Right Asia Medika (RAM) Wahyudin Firdaus yang divonis 4,5 tahun penjara dan denda Rp 500 juta, oleh majelis hakim pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Serang, Banten.

Baca juga: Terdakwa Korupsi Masker di Banten Menangis Saat Bacakan Pembelaan: Sedih Tak Bisa Kasih Jajan Anak

Selain itu, Agus Suryadinata selaku pihak swasta sebagai pemenang tender dan juga sebagai peminjam perusahaan, divonis 6 tahun penjara dan denda Rp 400 juta.

Keduanya terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi dalam pengdaan masker di Dinas Kesehatan Banten yang merugikan negara sebesar Rp 1,6 miliar.

Dalam amar putusan, hakim menilai, ketiga terdakwa terbukti melanggar Pasal 2 ayat 1 jo Pasal 18 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 KUHP.

"Menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa Agus Suryadinata selama 6 tahun dan denda R p400 juta subsider 6 bulan kurungan," kata ketua majelis hakim Slamet Widodo saat membacakan amar putusan di Pengadilan Tipikor Serang, Senin (29/11/2021).

Halaman
1234
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved