Breaking News:

BNN Banten Musnahkan 6 Kg Sabu Sitaan dari Penyelundupan Narkoba Lintas Provinsi

Pihak BNN Banten mengungkap kasus narkotika jenis sabu 6.290,6 gram yang disembunyikan di dua kotak besi dalam kap mesin.

Penulis: mildaniati | Editor: Glery Lazuardi
TRIBUNBANTEN/MILDANIATI
Kepala BNNP Banten, Brigjen Polisi Hendri Marpaung saat memuskahkan narkoba di halaman kantor BNNP Bnaten, Kamis (2/12/2021) 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Mildaniati

TRIBUNBANTEN, KOTA SERANG - Pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) Banten mengungkap kasus narkotika jenis sabu 6.290,6 gram yang disembunyikan di dua kotak besi dalam kap mesin.

Upaya pengungkapan kasus penyelundupan narkotika itu dilakukan BNN bekerja sama dengan BNN RI dan Bea Cukai kantor wilayah (Kanwil) Banten.

Narkotika itu dibawa oleh kurir wiraswasta berinisial S (28) asal Aceh Utara. Pemilik sabu berasal dari Sumatera.

Baca juga: Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, BNN Waspadai Peredaran Narkoba di Perbatasan Banten

Kepala BNNP Banten, Brigjen Polisi Hendri Marpaung mengatakan pihaknya menggagalkan upaya penyelundupan narkoba di sekitar Kampung Pisangan, Kelurahan Kayu Agung, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang,
pada (6/11/2021) pukul 01.30 WIB.

Informasi adanya penyelundupan narkotika itu didapatkan dari warga.

"Tersangka mengaku sabu dikirim dari Sumatera Utara tujuan akhirnya ke Surabaya tapi gunakan modus transportasi laut," ujarnya saat juma pers
pemusnahan barang bukti di kantor BNNP Banten, pada Kamis (2/12/2021).

Barang itu didistribusikan dari Belawan ke Patiban.

"Kendaraan dari Belawan Sumatera menuju pelabuhan Patiban Jawa Barat, barang didistribusikan dengan kendaraan lewat jasa pengangkutan melalui perairan," paparnya.

"Mobil sedan dimodifikasi untuk selundupkan narkotika ke provinsi Banten," ucapnya.
Selanjutnya, Hendri menjelaskan jasa pengangkutan ambil barang menuju ke Kampung Pisangan Kelurahan Agung, Kecamatan Sepatan, Kabuoaten Tangerang Provinsi Banten.

"BNN lakukan kontrol sampai titik kejadian pukul 01.00, saat kendaraan diserahkan pada S oleh jasa angkutan tim dari BNN lakukan penindakan dan ditangkap seorang diduga penerima S, dari Aceh Utara," jelasnya.

Dari penindakan itu, disita 1 unit kendaraan, 2 kotak besi warna hitam, 2 hp, ktp, atm, tanda serah terima kendaraan bernomor polisi B 1539 SEM dan uang Rp 1,9 juta.

Pasal yang dilanggar yaitu pasal 114 ayat (2) dan 112 ayat (2), pasal 132 Undamg-undnag No 35 Tahun 2009.

Baca juga: BNN Banten Gagalkan Penyelundupan 6 Kg Sabu, Modus Gunakan Jasa Pengangkutan Barang

Setelah pengungkapan kasus itu, aparat BNNP
Banten memusnahkan 6.290,6 gram atau setara dengan 6 kg 2 ons narkotika jenis sabu yang dapat menyelamatkan 25.161 pengguna.

"BNN dan instansi terkait lakukan terus pencegahan ini harapannya dengan ini kami sampaikan pada warga dan perangi narkotika, selamatkan anak bangsa dari narkoba dan obat-obatan terlarang," tambahnya.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved