Breaking News:

Virus Corona di Banten

Gaji ASN Kabupaten Serang Sering Telat karena Dampak Pandemi, Sekda: Istri Harus Berhemat!

Pandemi Covid-19 berpengaruh pada pendapatan aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Serang.

Penulis: desi purnamasari | Editor: Glery Lazuardi
net
Ilustrasi ASN atau PNS 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Pandemi Covid-19 berpengaruh pada pendapatan aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Serang.

Untuk itu, pihak Pemerintah Kabupaten Serang meminta seluruh Pengurus dan Anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Serang untuk berhemat.

Pernyataan itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri.

"Pendapatan daerah terpengaruh, sehingga kegiatan-kegiatan di pemerintah daerah banyak sekali yang harus di refocusing untuk penanganan covid-19," kata dia, usai menghadiri Peringatan Dirgahayu ke 22 Tahun Darma Wanita Persatuan tahun 2021 di Gedung Korpri, pada Senin (13/12/2021).

Baca juga: Mulai 24 Desember 2021 Hingga 2 Januari 2022, ASN Pemprov Banten Dilarang Bepergian Keluar Daerah

Selain berpengaruh pada pendapatan, menurut dia, pandemi Covid-19 juga membuat para ASN sering mengalami keterlambatan pembayaran gaji dan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP).

Atas kondisi itu, kata dia, berpengaruh kepada kondisi mental. Untuk itu, pihaknya mengajak bersama untuk membangun ketahanan perempuan serta bisnis UMKM di tengah pandemi Covid-19.

"Dengan kondisi seperti ini maka semua pihak khususnya para istri ASN (Aparatur Sipil Negara) harus memahami kondisi yang ada," katanya.

"Kondisi yang ada seringkali mengalami keterlambatan pembayaran gaji, TPP (tambahan penghasilan pegawai) maupun kegiatan lainnya," katanya.

Upaya yang bisa dilakukan, kata dia, adalah menghemat pengeluaran serta lebih kreatif membantu ekonomi dengan cara melakukan hal-hal bersifat usaha mikro.

“Banyak contoh bisa dilakukan mengenai tambahan pendapatan yang harus dilakukan istri-istri ASN dengan penyesuaian penghematan, dengan kreatifitas yang bisa dilakukan," katanya.

Sementara itu, Ketua DWP Kabupaten Serang, Siti Nurlinawati Entus Mahmud mengatakan terkait dengan kreatifitas sudah dilakukan oleh DWP Kabupaten Serang.

Baca juga: ASN Pemprov Banten Dilarang Cuti dan Bepergian Selama Periode Nataru, Kecuali Ini

Di antaranya menjalankan UMKM, yakni catering, rias pengantin dan lainnya.

"Semua aktif, karena semua bidang mempunyai tugasnya masing-masing," katanya.

Dia juga meminta DWP mensukseskan program pemerintah menangani Covid-19 

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved