Breaking News:

Banten

Hasil Survey IPO: Kepuasaan Masyarakat Terhadap Kinerja Pemprov Banten 2021 Tembus 63 Persen

Hasil survey dari Indonesia Political Opinion (IPO) terkait pengukuran persepsi publik terhadap kinerja pemerintah provinsi Banten telah keluHasil sur

TribunBanten.com/Ahmad Tajudin
Gubernur-Wakil Gubernur Banten, Wahidin Halim dan Andika Hazrumy 

TRIBUNBANTEN.COM - Hasil survey dari Indonesia Political Opinion (IPO) terkait pengukuran persepsi publik terhadap kinerja pemerintah provinsi Banten telah keluar.

Survey tersebut dilaksanakan pada 29 November hingga 2 Desember 2021.

Melansir Tribunnews, dari paparan hasil survei IPO menunjukkan kepuasan pada kinerja pemerintah provinsi Banten secara umum dominan memuaskan mencapai 63 persen, dengan rincian sangat puas 4 persen dan puas 59 persen.

"Tingkat kepuasan publik atas kinerja pemerintah provinsi Banten jauh lebih tinggi dibanding kepuasan pada pemerintah pusat, 63 persen berbanding 51 persen. Ini penanda hasil kerja gubernur Wahidin Halim lebih dikenal dibanding kerja Presiden," ujar Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah melalui keterangan tertulis, Senin (13/12/2021).

Baca juga: Hasil Survey Kepuasan: Dianggap Sukses Pimpin Banten, Wahidin Halim Disebut Pantas Maju Pilpres 2024

Kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah provinsi Banten berdasarkan tiga aspek, pertama, distribusi bantuan sosial mendapat persepsi sangat memuaskan 7 persen, memuaskan 62 persen.

Kedua, terkait stabilitas harga bahan pokok selama masa pandemi sangat memuaskan 11 persen, memuaskan 53 persen. 

Baca juga: UMP Banten 2022 Naik Rp 40 Ribu Jadi Rp 2,5 Jutaan, Gubernur Wahidin Pastikan Sesuai Aturan Pusat

Ketiga, terkait situasi politik dan penegakan hukum dianggap sangat memuaskan 6 persen, memuaskan 51 persen.

"Tiga bidang utama yang dipotret diketahui bidang politik dan penegakan hukum mendapat atensi kepuasan paling rendah, tetapi itupun masih di atas 50 persen," ucap Dedi. 

"Kondisi ini bisa terjadi karena dua sebab, kondisi sosial politik di provinsi Banten yang memang stabil, atau warganya yang cenderung patuh pada ketegasan pemerintah dalam menjalankan pemerintahan," tambah Dedi 

Baca juga: 61 Persen Masyarakat Banten Puas dengan Cara Gubernur Wahidin Halim Tangani Covid-19, Ini Programnya

 
Secara khusus dalam bidang penanganan pandemi, sebanyak 69 persen responden menyatakan puas pada kinerja pemerintah provinsi Banten. 

Dedi mengatakan pernyataan kepuasan itu didukung dengan tingkat kepuasan pada layanan kesehatan sebesar 61 persen, keterbukaan informasi terkait pandemi 74 persen, keberhasilan sosialisasi protokol kesehatan 49 persen, dan ketegasan implementasi kebijakan PPKM sebesar 53 persen.

Baca juga: Kritik Pedas Buruh di Banten Soal Ucapan Wahidin Halim: Bapak Bukan Gubernurnya Pengusaha Saja

Penilaian berbeda terlihat dari persepsi publik terhadap kinerja gubernur dan wakil gubernur provinsi Banten. 

Wahidin Halim mendapat tingkat kepuasan publik sebesar 68 persen, dengan rincian sangat memuaskan 11 persen, dan memuaskan 57 persen. 

Sementara Andika Hazrumy mengantongi persepsi kepuasan sebesar 50 persen, dengan rincian sangat memuaskan 3 persen dan memuaskan 47 persen.

"Perbedaan tingkat kepuasan masih dalam koridor rasional, di daerah manapun wakil selalu lebih rendah dibanding gubernur, tetapi ini penanda baik, karena gubernur lebih dominan, bagaimanapun tanggungjawab terbesar memang ada pada gubernur," pungkas Dedi.

 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Survei IPO: Kepuasan Publik ke Pemprov Banten Capai 63 Persen

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved