Breaking News:

Pembangunan Bendungan Karian Ditarget Rampung 2022, Mampu Tampung Air 314,7 Juta Meter Kubik

Pembangunan Bendungan Karian di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten ditargetkan selesai dibangun pada 2022.

Editor: Glery Lazuardi
(Dok. Kemenko Marves)
Bendungan Karian 

TRIBUNBANTEN.COM - Pembangunan Bendungan Karian di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten ditargetkan selesai dibangun pada 2022.

Upaya pembangunan Bendungan Karian itu dilakukan oleh pihak pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

Baca juga: Sebar 440 Bibit Pohon Buah dan 4.400 Ikan di Bendungan Sindangheula, Wabup Serang Ajak Warga Merawat

Asisten Deputi Infrastruktur Dasar, Perkotaan, dan Sumber Daya Air Kemenko Marves, Rahman Hidayat mengaku optimistis bendungan ini dapat selesai tepat waktu.

"Saat ini pembangunan Bendungan Karian sudah mencapai 93,43 persen (per 13 Desember 2021,-red)" kata dia, seperti dilansir Kompas.com, pada Senin (20/12/2021).

Dia menyampaikan, pengerjaan saat ini mencakup pengerjaan access road, spillway, intake tower, main dam embankment.

Kemudian, Ciuyah tunnel, landscape, dan penyelesaian masalah pembebasan lahan, seperti halnya terkait tanah wakaf berupa masjid maupun tempat pemakaman umum.

"Kami percaya proyek ini dapat selesai tepat waktu dan untuk masalah yang dihadapi, kami akan bantu koordinasikan," ujar Rahman.

Bendungan utama dengan tipe urugan batu berinti tegak tersebut akan mampu menampung air sebanyak 314,7 juta meter kubik.

Total alokasi air bakunya 14,6 meter kubik per detik yang dikelompokkan untuk Rumah Keluarga Indonesia (RKI) sebesar 13,9 meter kubik per detik, dan untuk irigasi sebesar 0,7 meter kubik per detik.

Manfaat Bendungan Karian yakni menyediakan air RKI untuk Kabupaten Lebak, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan wilayah Provinsi DKI Jakarta.
Dengan penyediaan air RKI sebesar 9,1 meter kubik per detik melalui Karian-Serpong Conveyance System (KSCS).

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved