Breaking News:

Selama Periode Nataru, Mal dan Tempat Wisata Dilakukan Pemeriksaan Covid-19 Secara Acak

Pemerintah akan mengecek protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi secara acak di mal dan tempat wisata selama periode libur Nataru

Editor: Glery Lazuardi
WARTAKOTAlive.com/Andika Panduwinata
Agrowisata Ecofarm di Kota Tangerang, menjadi alternatif tempat wisata. Beragam jenis tanaman hias dan tanaman produktif tersedia di Ecofarm. 

TRIBUNBANTEN.COM - Pemerintah akan mengecek protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi secara acak di mal dan tempat wisata selama periode libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Pengecekan prokes dilakukan untuk memastikan pengendalian mobilitas dan pengetatan prokes diterapkan dengan baik.

"Jadi di sejumlah titik menuju tempat-tempat wisata dan pusat perbelanjaan, akan dilakukan pengecekan secara acak (random check)," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dalam keterangannya, Kamis (23/12/2021).

Baca juga: Puncak Arus Mudik Nataru Diprediksi Pada 24 Desember 2021, Volume Lalu Lintas Meningkat 34,5%

Menurut Budi, masyarakat yang dibolehkan untuk berpergian di momen libur Natal dan Tahun Baru 2022 adalah yang telah melakukan vaksinasi sebanyak dua kali.

"Pesan utama yaitu pengetatan prokes. Kalau bisa di rumah saja itu lebih baik, tetapi kalau mau bepergian jarak jauh, harus vaksin dua kali dan tes antigen 1x24 jam,” ujarnya.

Senada, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pihaknya telah menyiapkan pos-pos pengamanan di sejumlah titik di masa libur Nataru, untuk memastikan pengawasan pengetatan prokes berjalan dengan baik di lapangan.

"Apa yang dilakukan ini dalam rangka mengantisipasi, karena usai libur Nataru tahun lalu terjadi kenaikan kasus Covid-19 sekitar dua setengah kali lipat,” ucapnya.

Baca juga: Cegah Kerumunan Selama Nataru, Alun-alun dan Taman di Kota Tangerang Ditutup

Pada pos pengamanan tersebut disiapkan gerai vaksin yang bisa digunakan masyarakat untuk melakukan vaksinasi jika belum mendapatkan vaksin dosis lengkap.

Selain itu, juga disiapkan tempat isolasi sementara, jika diketahui ada yang positif Covid-19.

Di rest area juga telah disiapkan pos pengamanan, untuk melakukan pengecekan melalui aplikasi PeduliLindungi.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved