Breaking News:

Aturan Lengkap SKB 4 Menteri Terbaru Tentang PTM di Masa Pandemi Covid-19 Mulai Januari 2022

Simak panduan penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di masa pandemi Covid-19berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri.

(TribunJakarta.com/Ega Alfreda)
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah memantau Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di SDN Pasar Baru 1, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, saat pandemi Covid-19, Senin (25/10/2021). 

TRIBUNBANTEN.COM - Simak panduan penyelenggaraan pembelajaran tatap muka ( PTM) terbatas di masa pandemi Covid-19.

Paduan yang dikeluarkan di Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri itu diterapkan bagi satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Penyebaran Covid-19 yang kian terkendali, didukung laju vaksinasi yang terus meningkat memberikan optimisme bagi masyarakat untuk bangkit dan beraktivitas secara normal meskipun terbatas.

Termasuk dalam hal pembelajaran tatap muka ( PTM).

Terkait hal ini, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, dan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menetapkan penyesuaian SKB tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi.

Ditetapkan pada 21 Desember 2021, SKB yang disusun atas masukan berbagai elemen masyarakat ini berisi penyesuaian aturan PTM terbatas yang lebih baik dan lebih rinci.

Baca juga: Aturan Lengkap SKB 4 Menteri Terbaru, Pemda Tidak Boleh Melarang PTM Terbatas Jika Memenuhi Kriteria

Pelaksanaan PTM Terbatas mulai semester genap tahun ajaran dan tahun akademik 2021/2022 (Januari 2022)

Selain ketentuan, pemantauan, dan evaluasi  PTM terbatas yang lebih baik, SKB Empat Menteri menjelaskan, pemerintah pusat, pemerintah daerah, kantor wilayah Kementerian Agama provinsi, kantor Kementerian Agama kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya mewajibkan seluruh sekolah anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi di wilayahnya untuk melaksanakan  PTM terbatas mulai semester genap tahun ajaran dan tahun akademik 2021/2022 (Januari 2022).

Hal ini juga dipaparkan oleh akun Instagram resmi Kemdikbud, @kemdikbud.ri

Baca juga: PTM Terbatas di Tangsel: 22 Murid dan 16 Tenaga Pendidik Terpapar Covid-19

Prosedur Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas 

Dikutip dari SKB 4 Menteri, berikut prosedur Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini serta Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Pengaturan Pembelajaran di wilayah PPKM Level 1 atau PPKM Level 2

Satuan pendidikan yang berada pada PPKM level 1 atau PPKM level 2, dilaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Satuan pendidikan dengan capaian vaksinasi dosis 2 pada pendidik dan tenaga kependidikan di atas 80% dan capaian vaksinasi dosis 2 pada masyarakat lansia di atas 50% dan peserta didik sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di tingkat kabupaten/kota, pembelajaran tatap muka dilaksanakan:

(1) setiap hari;

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved