Breaking News:

Rincian Besaran Dana PIP untuk Siswa SD, SMP dan SMA, Login pip.kemdikbud.go.id untuk Cek Status

Besaran dana yang akan diterima penerima PIP (Program Indonesia Pintar) untuk siswa SD/MI/Paket A, SMP/MTs/Paket B dan SMA/SMK/MA/Paket C.

Penulis: Vega Dhini | Editor: Vega Dhini
www.kemdikbud.go.id
Ilustrasi - Penerima PIP. 

TRIBUNBANTEN.COM - Besaran dana yang akan diterima penerima PIP (Program Indonesia Pintar) untuk siswa SD/MI/Paket A, SMP/MTs/Paket B dan SMA/SMK/MA/Paket C.

Anak usia sekolah 6 hingga 21 tahun yang memenuhi syarat, akan mendapatkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP)

Bantuan dari PIP ini adalah penyempurnaan program Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Daftar Kartu Indonesia Pintar.
Daftar Kartu Indonesia Pintar. (www.kemdikbud.go.id)

PIP merupakan kerja sama tiga kementerian yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Kementerian Agama (Kemenag).

Anak usia sekolah yang berhak mendapatkan PIP berasal dari keluarga miskin, rentan miskin: pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, korban bencana alam/musibah.

PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin/prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur pendidikan formal (mulai SD/MI hingga anak Lulus SMA/SMK/MA) maupun pendidikan non formal (Paket A hingga Paket C serta kursus terstandar).

Sasaran penerima PIP adalah peserta didik pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) dari keluarga miskin/rentan miskin dengan pertimbangan khusus.

Peserta didik SMK yang menempuh studi keahlian kelompok bidang: Pertanian, Perikanan, Peternakan, Kehutanan, Pelayaran, dan Kemaritiman juga masuk dalam daftar sasaran penerima utama PIP.

Melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya.

PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

Halaman
123
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved