Breaking News:

Siap Pertimbangkan Pencabutan Laporan ke Polisi, Ini Kata Tim Kuasa Hukum Gubernur Banten

Menurut Asep, secara pribadi, gubernur sudah memaafkan buruh yang terlibat dalam persoalan ini.

Tribunbanten.com/Ahmad Tajudin
Buruh saat menggelar aksi di KP3B , Kota Serang. 

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Gubernur Banten Wahidin Halim akan mempertimbangkan pencabutan laporan terhadap buruh.

Pelaporan ke Polda Banten itu atas aksi sejumlah buruh yang menduduki kantor gubernur di sela unjuk rasa meminta revisi upah minimum kota dan kabupaten (UMK), Rabu (22/12/2021).

Ketua Tim Kuasa Hukum Gubernur Banten, Asep Abdullah Busro, mengatakan pihaknya juga akan meihat sejauh mana sikap dari pimpinan serikat buruh.

Mengutip rilis yang diterima TribunBanten.com, Rabu (29/12/2021) malam, Gubernur Banten akan mempertimbangkan pencabutan laporan jika mereka menyadari kesalahan.

Baca juga: Alasan Kemanusiaan Ini Kuatkan Kuasa Hukum Ajukan Penangguhan Penahanan Buruh

Selain itu, juga menyampaikan permohonan maaf secara tertulis atas perbuatan perusakan dan penghinaan yang dilakukan anak buahnya kepada Gubernur Banten.

"Serta berjanji akan mengendalikan anak buahnya untuk tidak akan melakukan tindakan anarkisme, tidak melakukan penghinaan dan atau menyudutkan posisi hukum Gubernur."

"Tentu Bapak Gubernur akan secara arif dan bijaksana mempertimbangkan pencabutan laporan tersebut," katanya.

Menurut Asep, pada prinsipnya, gubernur melakukan pelaporan karena semata-mata untuk menjaga marwah wibawa dan kehormatan pemerintah.

"Harapan gubernur penegakan hukum harus dijalankan dalam rangka menjaga marwah wibawa dan kehormatan pemerintah agar tidak diinjak-injak perilaku anarkisme," ujarnya.

Baca juga: Buruh vs Gubernur Banten: Wahidin Halim Disebut Buka Peluang Damai dengan Buruh Penerobos Kantornya

Dia juga mengimbau kepada para pihak yang tidak terkait dalam permasalahan ini agar dapat menahan diri untuk tidak mengeluarkan pernyataan yang membuat keruh suasana.

Sebagai kuasa hukum Gubernur Banten, Asep mengaku berkeyakinan permasalahan ini akan dapat segera diselesaikan dengan baik.

"Yang terpenting adalah adanya komunikasi dan itikad baik para pihak untuk menyelesaikan permasalahan ini dengan prinsip saling menghormati dan menghargai para pihak satu sama lain."

Baca juga: KSPI Akui Ada Kesalahan Buruh Duduki Kursi Gubernur Banten, Said Iqbal Sayangkan WH Lapor Polisi

Menurut Asep, secara pribadi, gubernur sudah memaafkan buruh yang terlibat dalam persoalan ini.

Adapun berkaitan dengan pencabutan laporan, gubernur akan mempertimbangkannya.

"Terlebih dahulu dengan mengkaji semua aspek secara komprehensif, baik penegakan hukum, keamanan, kepentingan pemerintah, kemaslahatan masyarakat, serta situasi yang kondusif iklim usaha di Banten," ucap Asep.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved