Breaking News:

Siap-siap, Ini Rencana Pemerintah Ubah Skema Subsidi Elpiji Tabung 3 Kg agar Tepat Sasaran pada 2022

Distribusi elpiji tabung 3 kg bersubsidi saat ini masih bersifat terbuka melalui skema berbasis komoditas.

Tribunbanten.com/Rizki Asdiarman
Ilustrasi gas elpiji 3 kilogram 

TRIBUNBANTEN.COM - Distribusi elpiji tabung 3 kg bersubsidi saat ini masih bersifat terbuka melalui skema berbasis komoditas.

Seluruh golongan masyarakat bisa mengakses komoditas tersebut sehingga pelaksanaan subsidi elpiji berisiko tidak tepat sasaran.

Pada tahun depan, kata Kepala Pusat Kebijakan APBN Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Ubaidi Socheh Hamidi, pemerintah berencana mengubah skema subsidi elpiji tabung 3 kg.

Baca juga: Harga Gas Elpiji Sejumlah Ukuran Resmi Naik, Ini Daftar Rincian Terbarunya

"Pemerintah berkomitmen untuk terus memperbaiki aspek ketepatan sasaran penerima subsidi elpiji," katanya kepada Kontan.co.id, Rabu (29/12/2021).

Menurut dia, pemerintah akan melakukan transformasi subsidi elpiji tabung 3 kg dari semula berbasis komoditas menjadi berbasis orang pada 2022.

Hal itu berdasarkan hasil pembahasan APBN 2022 dengan DPR

“Dalam pelaksanaannya, subsidi elpiji belum tepat sasaran serta belum efektif dalam menurunkan kemiskinan dan ketimpangan. Sekitar 75 persen dari anggaran subsidi masih dinikmati masyarakat kelas menengah ke atas,” ucap Ubaidi.

Baca juga: Tak Hanya Aman dan Hemat, Konversi Elpiji ke Kompor Induksi, Subsidi Energi Lebih Tepat Sasaran

Dia memastikan, transformasi subsidi elpiji tabung 3 kg bakal dilakukan secara bertahap dan hati-hati dengan mempertimbangkan kondisi sosial ekonomi masyarakat serta pemulihan ekonomi secara nasional.

Pemilihan waktu yang tepat sangat menjadi perhatian pemerintah.

Pelaksanaan transformasi subsidi elpiji yang lebih tepat sasaran untuk masyarakat miskin rentan diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih optimal.

"Hal itu dalam mendukung upaya pemerintah mengurangi kemiskinan dan ketimpangan,” kata Ubaidi.

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Pemerintah Berencana Terapkan Subsidi LPG 3 Kg Berbasis Orang Pada 2022

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved