Breaking News:

Mulai Januari 2022, 264.704 Sekolah Lakukan PTM Terbatas 100%

Mulai Januari 2022 semua satuan pendidikan pada level 1, level 2, dan level 3 PPKM wajib melaksanakan PTM terbatas.

Editor: Glery Lazuardi
TRIBUNBANTEN/MARTEENRONALDOPAKPAHAN
Ilustrasi sekolah 

TRIBUNBANTEN.COM - Mulai Januari 2022 semua satuan pendidikan pada level 1, level 2, dan level 3 PPKM wajib melaksanakan PTM terbatas.

Pelaksanaan PTM terbatas itu mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri yakni Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri yang baru dirilis pada akhir Desember 2021.

Selama pelaksanaan PTM terbatas, pemerintah daerah (Pemda) tidak boleh melarang dan tidak boleh menambahkan kriteria yang lebih berat.

Pengaturan kapasitas peserta didik dan durasi pembelajaran dalam penyelenggaraan PTM terbatas diatur berdasarkan cakupan vaksinasi dosis 2 pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di masing – masing satuan pendidikan.

Serta vaksinasi warga masyarakat lansia di tingkat kabupaten/kota, kecuali bagi satuan pendidikan pada daerah khusus karena kondisi geografis sesuai Keputusan Mendikbudristek nomor 160/P/2021.

Baca juga: Sekolah Terdampak Tol Serang-Panimbang, SDN Cipete Belum Gelar PTM karena Keterbatasan Sarana

Orang tua/wali peserta didik dapat memilih PTM terbatas atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi anaknya sampai semester satu tahun ajaran 2021/2022 berakhir.

Mulai semester dua tahun ajaran 2021/2022 (Januari 2022) semua wajib mengikuti PTM terbatas.

Satuan pendidikan yang terbukti melanggar protokol kesehatan diberikan sanksi administratif dan dibina oleh Satgas Covid-19 atau tim pembina UKS.

Dirjen PAUD Dikdasmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Jumeri
mengatakan pada kategori A yakni daerah yang termasuk PPKM level 1 dan level 2, lalu vaksinasi dosis 2 PTK telah mencapai lebih dari 80%, serta vaksinasi dosis 2 lansia di tingkat kabupaten/kota telah mencapai lebih dari 50%, dapat melaksanakan PTM terbatas 100% dan durasi maksimal 6 jam pelajaran.

“Ada 264.704 satuan pendidikan meliputi 33 juta lebih siswa, ini hampir 60% sekolah kita di Indonesia masuk pada kategori A yang masuk belajar 100% PTM,” ujar Jumeri dalam diskusi virtual dipantau dari Youtube Ditjen PAUD Dikdasmen, Senin (3/1).

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved