Breaking News:

Kecamatan Mancak Kabupaten Serang Siap-siap Jadi Sentra Pertanian dan Produksi Jahe Merah

Kecamatan Mancak akan menjadi sentra pertanian dan produksi jahe merah Kabupaten Serang.

dokumentasi Diskominfosatik Kabupaten Serang
Wabup Serang Pandji Tirtayasa menghadiri Milad Ke-16 Ponpes Al Mutafakirin dan Reuni Akbar Angkatan 2007-2021 di Kecamatan Mancak, Selasa (4/1/2022). 

TRIBUNBANTEN.COM, KABUPATEN SERANG - Kecamatan Mancak akan menjadi sentra pertanian dan produksi jahe merah Kabupaten Serang.

Wabup Serang Pandji Tirtayasa mengatakan produksi jahe merah ini diinisiasi Pondok Pesantren Al Mutafakirin yang berada di Desa Mancak, Kecamatan Mancak.

"Ponpes ini memberdayakan jahe merah dan membagikannya kepada beberapa pesantren," ujarnya dikutip dari rilis yang diterima TribunBanten.com, Selasa (4/1/2022).

Hal itu dikatakan Pandji saat menghadiri Milad Ke-16 Ponpes Al Mutafakirin dan Reuni Akbar Angkatan 2007-2021 di Kecamatan Mancak, Selasa.

Baca juga: Wabup Pandji Tirtayasa Minta BPR Serang Lebih Inovatif dan Kreatif, Sampaikan 5 Hal di RUPS

Milad itu juga dihadiri perwakilan Polda Banten, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Serang, MUI Kecamatan Mancak, unsur muspika Kecamatan Mancak, serta para orang tua santri.

Pandji mengaku akan mendorong pemberdayaan ekonomi pesantren dan menjadikan Mancak sebagai sentra produksi jahe merah.

Jika sudah produksi secara masif, akan diukur hasilnya selama per bulan dan per tahun.

Pemkab Serang akan membantu alat produksi, pengolah, kemasan, dan pemasarannya jika sebulan sudah mencapai mininal empat kuintal.

Pandji mengajak bukan hanya kepada para pengelola atau pengurus pondok pesantren untuk fokus pertanian jahe merah, tetapi juga masyarakat Mancak secara keseluruhan.

Baca juga: Pemkab Serang Raih Predikat Baik SPBE, Kadiskominfosatik: Komitmen Bupati Akselerasi Digital

“Di Mancak banyak lahan kosong agar dimanfaatkan, koordinasikan dengan camat dan kepala desa agar meminta izin kepada pemilik untuk dimanfaatkan dijadikan tanaman jahe merah,” ucap Pandji. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved