Breaking News:

Hasil Survei Terkini: 8 Parpol Lolos PT 4 Persen & Latar Belakang Kriteria Capres-Cawapres di 2024

Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu menetapkan ambang batas parlemen sebesar 4% dan berlaku nasional untuk semua anggota DPR.

Editor: Glery Lazuardi
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Petugas KPPS membawa kotak suara berisi surat suara Pilpres dan Pileg hasil pencoblosan Pemilu 2019 di TPS 41 untuk dikembalikan ke PPS Andir menggunakan perahu melintas banjir di RT 01 RW 13, Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (18/4/2019) dini hari. Penghitungan surat suara di TPS yang berada di lokasi banjir itu baru selesai Kamis sekitar pukul 00.30 WIB dan kotak suara diangkut perahu sekitar pukul 01.30 WIB. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

TRIBUNBANTEN.COM - Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu menetapkan ambang batas parlemen sebesar 4% dan berlaku nasional untuk semua anggota DPR.

Dinamika Survei Indonesia memprediksi hanya 8 partai politik berpeluang lolos ambang batas parlemen 4 persen sebagai salah satu syarat untuk bertahan di lembaga legislatif nasional tersebut.

Yaitu, PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra, PKS, PKB, Nasdem, Demokrat, dan PAN.

"Dinamika tingkat keterpilihan parpol tetap terbuka selama tiga tahun ke depan, hingga jelang Pemilu 2024 terekam dari hasil survei partai-partai politik yang saat ini memiliki kursi di DPR," kata Permadi Yuswiryanto, Koordinator Survei Nasional.

Baca juga: Ahok Disebut Berpeluang Besar Maju di Pilgub DKI Jakarta 2024, PDIP: Keputusan di Tangan Ibu Mega

Sedangkan, partai politik debutan baru tidak ada yang lolos melewati ambang batas

Hal ini terpotret dari pilihan responden dalam survei, ketika diminta untuk memilih parpol jika pemilu digelar saat survei dilakukan.

Di mana PDI Perjuangan masih menempati urutan pertama dengan tingkat elektabilitas 13,9 persen, walaupun hasil menunjukan penurunan dibandingkan hasil Pemilu 2019.

"Di urutan kedua ditempati Golkar dengan tingkat keterpilihan 13,6 persen, Gerindra 13,3 persen,PKS 6,7 persen, PKB 6,2 persen,Nasdem 5,7 persen, Demokrat 5,2 persen, PAN 4,2 persen," ujarnya.

Adapun, partai-partai yang tidak berpeluang lolos ambang batas atau di bawah 4 persen dalam survei ini masing memiliki tingkat eletabilitas.

Sebagai berikut PPP 2,1 persen, Perindo 1,9 persen, Hanura 1,3 persen ,PBB 1,2 persen , Garuda 1,1 persen PSI 1,1 persen , Berkarya 0,8 persen, PKPI 0,6 persen.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved