Breaking News:

Dukung Ketahanan Pangan, Distan Kabupaten Serang Kembangkan Potensi Budidaya Melon di Waringinkurung

Pihak Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Serang mendampingi untuk mengembangkan potensi pertanian dalam rangka menjaga ketahanan pangan.

Penulis: desi purnamasari | Editor: Glery Lazuardi
IST
Suntari, petani Melon Golden dari Tuban dengan bangga menunjukkan hasil buah Melon Kinanti 

Laporan Wartarwan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Pihak Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Serang mendampingi untuk mengembangkan potensi pertanian dalam rangka menjaga ketahanan pangan.

Kepala Distan Kabupaten Serang, Zaldi Duhana mengatakan, akan mendampingi serta mengembangkan pertanian seperti apa yang dapat dikembangkan di wilayah tersebut.

"Iya, nantinya akan dilakukan pendampingan langsung kepada desa, agar nantinya dapat langsung dikembangkan dan dibagikan ke warga terkait potensi yang dimilikinya," katanya saat di Distan Kabupaten Serang, Senin (10/1/2022).

Baca juga: Hari Tani Nasional 24 September: Lahirnya UU Pokok Agraria hingga Upaya Ketahanan Pangan

Selain itu, dalam hal ini kata Zaldi adanya aturan baru mengenai aturan Dana Desa (DD) yang dapat digunakan untuk ketahanan pangan.

"Sekarang ini ada aturan baru, bahwa Dana Desa (DD) bisa digunakan 20 persen untuk ketahanan pangan," katanya

Oleh karena itu, pihaknya berencana menyatukan penyuluh dengan para kepala desa, sehingga program pertanian bisa jalan dan DD bisa tepat sasaran efektif.

Untuk pengembangannya, kata Zaldi pihaknya akan fokuskan kepada pertanian seperti sayuran, buah-buah bahkan nantinya akan dilihat dari poten yang dimiliki oleh masing-masing wilayah tersebut.

Baca juga: DPRD dan Pemkot Serang Setujui Enam Raperda, Ketahanan Pangan dan Gizi Salah Satunya

"Jika dipelajari bisa jadi mereka bukan hanya membutuhkan permodalan atau alat mesin pertanian saja melainkan membutuhkan bimbingan dari penyuluh," katanya.

Dan saat ini pengembangan komoditas pertanian yang sudah berjalan yakni berada di wilayah Kecamatan Waringinkurung, potensi pengembangan tanaman melon.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved