Breaking News:

Ini yang Harus Dilakukan Jika NIK Tidak Ditemukan Dalam Mengakses Layanan Publik

Berikut ini yang harus dilakukan jika NIK (Nomor Induk Kependudukan) tidak muncul saat mengakses atau menggunakan layanan publik.

Editor: Renald
KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Berikut ini yang harus dilakukan jika NIK (Nomor Induk Kependudukan) tidak muncul saat mengakses atau menggunakan layanan publik. 

TRIBUNBANTEN.COM - Berikut ini yang harus dilakukan jika NIK (Nomor Induk Kependudukan) tidak muncul saat mengakses atau menggunakan layanan publik.

NIK merupakan nomor unik identitas penduduk yang terdaftar sebagai penduduk Indonesia.

Penggunaan NIK bisa untuk mengakses layanan publik ataupun untuk melengkapi data tertentu.

Namun, masih ada beberapa penduduk yang mengalami kendala saat mengakses layanan publik lantaran NIK mereka tidak muncul.

Dikutip dari situs Dukcapil Kemendagri, NIK yang gagal ditemukan biasanya terjadi karena ada data yang belum/tidak diperbaharui dari dokumen terakhirnya.

Baca juga: Omicron Sudah Masuk Bogor & Depok, Bagaimana di Tangerang? Berikut Penjelasan Wali Kota

Baca juga: Puncak Kasus Omicron di Indonesia Diprediksi Februari-Maret, Bakal Lebih Tinggi dari Varian Delta

"NIK yang gagal ditemukan umumnya tidak ter-update data dari dokumen terakhirnya. Artinya, si pemohon masih menggunakan data dokumen lama yang belum di-update," kata Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Eriksson P. Manihuruk.

Erik menambahkan, sebenarnya ada 4 permasalahan yang ditemukan, yakni NIK dan Nomor Kartu Keluarga (KK) salah ketik ketika login; masih menggunakan No. KK lama; menggunakan NIK dengan status perekaman KTP-el duplicate record atau data ganda; NIK dipakai orang lain untuk mendaftar.

Solusinya, cek kembali NIK dan No. KK dan pastikan tidak salah ketik saat login.

Kemudian gunakan No. KK terakhir dan jangan gunakan yang lama terutama jika pernah pindah domisili.

Jika sudah memiliki KTP-el jangan pernah mengulang perekaman data KTP-el dengan NIK yang berbeda.

Sebab perekaman NIK lebih dari sekali datanya akan terblokir oleh sistem.

"Selanjutnya jangan pernah mengunggah dokumen kependudukan (KTP, KK, akta lahir atau dokumen lain) ke media sosial. Untuk mengecek data kependudukan, hubungi call center Halo Dukcapil 1500537 serta hubungi call center instansi yang menyelenggarakan pelayanan publik yang menggunakan NIK sebagai persyaratan," tambah Erik.

Cara Mengatasi NIK yang Tidak Ditemukan

Mengutip laman Instagram @dukcapilkemendagri, untuk mengatasi NIK yang tidak bisa ditemukan, masyarakat bisa menyampaikan keluhannya ke beberapa nomor Dukcapil berikut.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved