Breaking News:

Covid 19

Kasus Covid Meningkat, Luhut Pandjaitan Minta Lansia Tetap Berada di Rumah 30 Hari ke Depan

Luhut Pandjaitan menghimbau kepada seluruh lansia 60 tahun ke atas untuk tetap berada dirumah.

Editor: Anisa Nurhaliza
Istimewa via Tribun Jogja
Ilustrasi dokter mengenakan baju hazmat saat memeriksa pasien Covid-19. 

TRIBUNBANTEN.COM - Kasus Covid-19 meningkat secara signifikan, hal tersebut membuat Luhut Pandjaitan mengeluarkan himbauan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan selaku Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan ekonomi Nasional, menghimbau kepada seluruh lansia 60 tahun ke atas untuk tetap berada dirumah.

Terutama bagi lansia yang belum melakukan vaksinasi dan kormobid.

Alasannya karena peningkatan kasus Covid-19 yang semakin hari semakin tinggi.

"Tapi tidak perlu panik karena semua data-data kita menunjukkan perawatannya cepat," tegasnya.

Baca juga: Jumlah Kasus Covid-19 di Tangerang Lewati Gelombang Delta, BOR Pasien Sudah 41,5 Persen

"Tapi buat teman-teman yang umurnya 60 tahun ke atas dan belum vaksin, punya komorbid, saya sarankan jangan ke luar dari rumah," ujar Luhut lewat tayangan virtual, Sabtu (5/2/2022).

Luhut mengatakan bahwa banyaknya pasien yang meninggal akibat Covid-19 merupakan orang-orang yang belum melakukan vaksinasi sebanyak dua kali, usia 60 tahun, dan memiliki komorbid.

Orang-orang yang memiliki komorbid merupakan salah satu golongan yang paling rentan jika terinfeksi virus COVID-19. Ini terjadi karena imunitas tubuh menurun diakibatkan oleh dampak dari penyakit yang diderita sebelumnya.

Luhut kembali menghimbau agar masyarakat lanjut usia untuk tetap dirumah saja selama 30 hari ke depan.

Baca juga: Kasus Harian Capai 32 Ribu, IDI Sebut Indonesia Masuk Gelombang Ketiga Covid-19, Didominasi Omicron

"Penyakit ringan biarlah dirawat di rumah, tapi orang tua di atas 60 tahun segera dibawa ke rumah sakit atau isolasi terpusat," ucapnya.

"Dan saya usul dua Minggu sampai sebulan ke depan untuk orang-orang yang saya sebut tadi, kriteria 60 tahun ke atas eloknya tinggal di rumah dulu sementara," jelas Luhut.

Satgas Covid-19 pusat melaporkan, per Sabtu (5/2/2022) tambahan kasus baru Covid-19 di Indonesia sebanyak 33.729 orang, pasien sembuh tambah 10.471 dan pasien meninggal tambah 44 orang.

Baca juga: 151 Pasien Covid-19 Dirawat di RLC Tangerang Selatan, Kebanyakan Klaster Keluarga

Dan DKI merupakan daerah penyumbang terbanyak kasus Covid-19 yakni 12.774 orang sehingga totalnya menjadi 965.145 orang.

Jumlah pasien Covid-19 yang meninggal dunia juga bertambah sebanyak 25 orang sehingga total ada 13.762 pasien Covid-19 telah meninggal dunia.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Menko Luhut Minta Seluruh Lansia Diam di Rumah selama Sebulah ke Depan,

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved