Breaking News:

Bayar Utang Rp 150 Juta Pakai Cek Kosong, Pria Asal Aceh Ini Digelandang ke Kantor Polisi

MI (34), warga di Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar diamankan aparat kepolisian. MI dilaporkan karena diduga telah melakukan penipuan.

Editor: Glery Lazuardi
Bayar Utang Rp 150 Juta Pakai Cek Kosong, Pria Asal Aceh Ini Digelandang ke Kantor Polisi
Dok. Tribun Jateng
garis polisi

TRIBUNBANTEN.COM - MI (34), warga di Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar diamankan aparat kepolisian.

MI dilaporkan karena diduga telah melakukan penipuan.

Hal ini berawal pada saat MI memberikan cek kosong dalam proses pembayaran utang kepada korban Arjuna Dwi Prasetia (31) warga Ilie, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh.

Merasa telah ditipu, korban akhirnya melaporkan kepada aparat kepolisian.

Laporan korban ke Polresta Banda Aceh itu tercatat di Nomor: LPB/147/III/YAN.2.5/2019/ SPKT, pada 21 Maret 2019.

Baca juga: Rugi Jutaan Rupiah, Luna Maya Jadi Korban Penipuan Modus Provider Seluler: Gue Kayak Dihipnotis

"Pada saat menerima dua lembar cek itu korban tidak curiga sama sekali. Tapi, pada saat korban bermaksud mengkliringkan kedua lembar cek tersebut, pihak bank menjelaskan bahwa di dalam saldo cek itu kosong dan tidak cukup dana. Maka pihak bank pun mengeluarkan surat penolakan," kata Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Joko Krisdiyanto SIK, melalui Kasat Reskrim Kompol M Ryan Citra Yudha SIK.

Kasus itu berawal dari proses peminjaman uang yang dilakukan pelaku kepada korban pada Selasa, 15 Januari 2019 lalu, berlokasi di Bank BRI Syariah Jalan Tgk Daud Beureueh, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh.

Pada saat itu pelaku MI berdalih meminjami uang dari korban sebesar Rp 150 juta untuk modal uang main proyek.

Karena merasa kenal dengan tersangka MI dan tanpa menaruh curiga sedikitpun korban pun langsung meminjamkan uangnya kepada tersangka MI, setelah pelaku meyakinkan korban akan segera mengembalikan uang tersebut.

Sesuai waktu yang telah dijanjikan bersama antara korban dan pelaku, Arjuna pun meminta kembali uang miliknya yang dipinjamkan sebelumnya oleh tersangka MI.

Baca juga: Aksi Penipuan Pesan Singkat Mencatut Nama Pejabat Kejari Tangsel, Korban Diminta Transfer Uang

Lalu, lanjut Kasat Reskrim Kompol Ryan, pelaku Mi pun langsung menyerahkan dua lembar cek kepada korban dengan total nilai uang yang tertera di dalam cek tersebut sebesar Rp 150 juta sebagai pengganti uang korban yang dipinjam sebelumnya.

Terhadap penipuan yang dialami korban, Arjuna pun merasa telah dikhianati kepercayaannya dan langsung memutuskan melaporkan kasus tersebut ke Polresta Banda Aceh untuk pengusutan lebih lanjut.

Dari penanganan kasus penipuan dalam proses pembayaran utang itu Polisi menyita dua lembar cek, masing-masing satu cek Nomor CB 064906 Bank BRI Syariah Cabang Medan tanggal 15 Januari 2019 sejumlah Rp 80.000.000 dengan Nomor Rekening 1020166289.

Lalu, satu cek dengan Nomor CB 064907 Bank BRI Syariah Cabang Medan tanggal 15 Februari 2019 sejumlah Rp 70.000.000 dengan Nomor Rekening 1020166289.

Kini pelaku MI sudah ditahan di sel Mapolresta Banda Aceh dan dikenakan Pasal 378 KUHP.

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Polisi Tangkap Tersangka Penipu Cek Kosong Rp 150 Juta, Ini Kronologis Kejadiannya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved