Breaking News:

Soal Konflik Wadas, Anggota Komisi III Sebut Sosialisasi dan Komunikasi Tak Berjalan Lancar

Hinca Pandjaitan, Anggota Komisi III DPR RI sampaikan beberapa poin hasil rapat Komisi III dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Jumat (11/2/20

Editor: Renald
tangkap layar akun Instagram, @wadas_melawan
Warga Desa Wadas, Purworejo yang menolak tambang menjadi bagian dari proyek bendungan Bener. 

TRIBUNBANTEN.COM - Hinca Pandjaitan, Anggota Komisi III DPR RI sampaikan beberapa poin hasil rapat Komisi III dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Jumat (11/2/2022).

Rapat tersebut terkait konflik di Desa Wadas, Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Rapat yang digelar di Mapolda Jateng tersebut juga dihadiri perwakilan Pangdam IV/Diponegoro, Kanwil BPN Jateng, dan Kepala BBWS Serayu Opak.

Beberapa poin yang disampaikan tersebut di antaranya adanya temuan komunikasi dan sosialisasi yang macet dan tidak tuntas.

Baca juga: Tertular Rempong saat Grocery Shopping, Reino Barack Dijuluki Bapak Rumah Tangga oleh Syahrini

Baca juga: Rugikan Negara hingga Rp 1,2 M, Pegawai Pos Indonesia Manipulasi Timbangan Pengiriman Barang ke LN

Karenanya, Komisi III mendorong dilakukannya dialog yang humanis antara pemerintah dan masyarakat.

Anggota Komisi III DPR RI Hinca Panjaitan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, (21/1/2020).
Anggota Komisi III DPR RI Hinca Panjaitan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, (21/1/2020). (Tribunnews.com/ Taufik Ismail)

Berikut ini poin-poin yang disampaikan Hinca sebagaimana dikutip dari akun Twitternya, @hincapandjaitan: 

1. Komunikasi dan sosialisasi selama ini macet dan tidak tuntas. Untuk menangani masalah yang terjadi diperlukan dialog yg humanis antara Pemerintah dan masyarakat. Pemerintah Propinsi Jateng akan segera berdialog dan mendengarkan suara masyarakat.

2. BBWS Kementerian PUPR dan Kanwil BPN Jawa Tengah harus segera turun lagi berdialog dan menjelaskan ke masyarakat secara utuh programnya sampai masyarakat dapat memahaminya dan suara mereka didengarkan dengan seksama tanpa prasangka.

3. Polda Jateng harus menangani masalah ini dg humanis dalan konsep Presisi dan menghentikan tindak lanjutan hukum dan mengembalikan mereka yg sempat ditahan ke masyarakat dan memberikan rasa aman bagi mereka. Mendahulukan konsep restorative justice yg berkearifan lokal

4. Demikian beberapa hal secara singkat yang bisa saya sampaikan; dalam semangat kebersamaan dan keharmonisan masyarakat di desa Wadas dan sekitarnya.

Ganjar Bakal Temui Warga yang Kontra

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo akan menggelar pertemuan dengan warga yang kontra terhadap penambangan batu andesit di Desa Wadas.

Pertemuan tersebut dinilai penting karena para ahli dapat menjelaskan terkait kondisi geologis hingga dampak pembangunan di Desa Wadas.

Diharapkan, pertemuan dengan warga Desa Wadas dapat menghasilkan kesepakatan.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved