Breaking News:

Virus Corona

Kemenkes Sedang Menyusun Roadmap Endemi Covid-19, Kapan Indonesia Bebas Tanpa Masker?

Adapun yang datang dari luar negeri yang sudah vaksin dosis kedua dan booster, cukup menjalani karantina selama satu hari.

Surya/Ahmad Zaimul Haq
Model berpose dengan mengenakan masker dalam sesi foto busana karya desainer Lia Afif di Hotel Harris, Satelit, Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu (21/6/2020). 

TRIBUNBANTEN.COM - Mulai 9 Maret 2022, pemerintah mencabut kewajiban tes antigen dan PCR bagi pelaku perjalanan transportasi umum yang sudah dua kali vaksin dan booster.

Adapun yang datang dari luar negeri yang sudah vaksin dosis kedua dan booster, cukup menjalani karantina selama satu hari.

Lalu, kapan Indonesia bebas tanpa masker?

Mengutip Kompas.com, Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan pihaknya sedang menyusun roadmap menuju endemi Covid-19

Menurut dia, sebelum mencapai situasi endemi, sejumlah indikator harus dicapai.

Baca juga: IDI Beri Saran Gunakan Masker N95 dan KN96 untuk Cegah Penularan Omicron

Yaitu transmisi komunitas berada di Level 1, cakupan vaksinasi minimal 70 persen, pelaksanaan 3T (testing, tracing, dan treatment) sesuai standar dan laju penularan kurang dari 1.

"Jadi pelonggaran-pelonggaran aktivitas masyarakat yang itu kita lakukan, termasuk prokes tentunya akan dinilai sesuai keadaan tren," katanya dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (8/3/2022).

Pada prinsipnya, Kemenkes mencari titik keseimbangan antara kepentingan kesehatan dan non-kesehatan karena keduanya harus bersinergi.

Dalam menyusun roadmap menuju endemi Covid-19, pelonggaran protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan menggunakan masker tidak dilakukan secara bersamaan.

Tidak menutup kemungkinan menjaga jarak dapat ditiadakan dalam kegiatan-kegiatan tertentu, seperti ibadah, tetapi tetap memerhatikan pencegahan penularan virus.

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved