Breaking News:

Kabupaten Serang Jadi Pilot Project Penurunan AKI dan AKB, Bupati: Harus Kita Turunkan Angkanya

Tingginya AKI dan AKB bukan hanya pada faktor kesehatan, melainkan banyaknya pernikahan di usia dini

dokumentasi Diskominfosatik Kabupaten Serang
Lokakarya Kepemimpinan Masa Depan Indonesia dalam Perencanaan dan Penganggaran Terintegrasi Kesehatan Reproduksi (PTT Kespro) di aula Tb Suwandi, Setda Kabupaten Serang, Senin (14/3/2022). 

TRIBUNBANTEN.COM, KABUPATEN SERANG - Kabupaten Serang jadi proyek percontohan penurunan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB).

Penunjukan proyek percontohan itu dilakukan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) karena Kabupaten Serang masih tinggi untuk AKI dan AKB.

Direktur Keluarga Perempuan Anak, Pemuda dan Olahraga Bappenas, Woro Srihastuti Sulisyaningrum, mengatakan AKI dan AKB baru lahir sudah menurun.

Namun, kalau dilihat dari rata-rata tercepat, penurunannya baru 2,2 persen per tahun.

Baca juga: Ini Pesan Sekda Kabupaten Serang kepada Para Kabag dan Kasubag saat Menyusun Program Kerja 2023

"Harusnya kalau bisa ingin mencapai target RPJMN itu turun 5,5 persen per tahun. Artinya, kita perlu percepatan," katanya melalui rilis yang diterima TribunBanten.com, Selasa (15/3/2022).

Hal itu dikatakan Woro di sela Lokakarya Kepemimpinan Masa Depan Indonesia dalam Perencanaan dan Penganggaran Terintegrasi Kesehatan Reproduksi (PTT Kespro) di aula Tb Suwandi, Setda Kabupaten Serang, Senin (14/3/2022).

Woro didampingi Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah IV Bangda Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zanariah, dan para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Serang.

Kegiatan yang dibuka Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah itu merupakan kerja sama antara Republik Indonesia United Nations Population Fund (RI UNFPA) di bawah koordinator Bappenas.

Saat ini sedang uji coba penyusunan perencanaan penganggaran yang terintegrasi kesehatan reproduksi dalam rangka penurunan AKI dan AKB.

Menurut Woro, Kabupaten Serang jadi percontohan untuk memastikan bagaimana mengintegrasikan berbagai bidang sektor dalam upaya menurunkan AKI dan AKB.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved