Breaking News:

Tes Antigen & PCR Dihapus, Pemerintah Beri Opsi Syarat Mudik Lebaran Diganti dengan Vaksin Booster

pemerintah memberikan opsi, yakni sebagai ganti tes PCR dan antigen maka vaksin booster digunakan sebagai syarat mudik untuk hari Raya idul Fitri 2022

Editor: Anisa Nurhaliza
(dok.Korlantas Polri).
Mobil Pemudik yang Dipasang Roof Box. 

TRIBUNBANTEN.COM - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan untuk masyarakat yang ingin mudik kini tak lagi harus melakukan tes PCR atau antigen untuk syarat perjalanan pulang kampung.

Namun, pemerintah memberikan opsi, yakni sebagai ganti tes PCR dan antigen maka vaksin booster digunakan sebagai syarat mudik untuk hari Raya idul Fitri 2022.

"Nanti vaksinasi booster itu kita ingin jadikan syarat kalau nanti orang mau mudik,

Selain vaksinasi sudah lengkap dua kali, harus juga sudah di-booster sehingga demikian tidak perlu ada lagi semacam di- PCR atau di- antigen," jelas Ma'ruf dalam kunjungan kerja di Bandung, Selasa (22/3/2022).

Namun, ia kembali menegaskan bahwa ketentuan tersebut akan diberlakukan jika tidak ada lonjakan kasus Covid-19 menjelang waktu mudik nanti.

Baca juga: Mudik Lebaran 2022 Boleh, Ini Syaratnya

Terkait vaksin dosis pertama, kedua dan booster akan terus dilakukan menjelang Ramadhan, khususnya bagi masyarakat lanjut usia, akan terus digenjot.

"Memang masih harus tetap menaati protokol kesehatan seperti menggunakan masker terutama, kemudian juga mencuci tangan, dan juga vaksinasi," ucap Ma'ruf.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy juga mengatakan bahwa untuk pelaksanaan mudik Idul Fitri pada tahun ini akan diizinkan.

Baca juga: Cara Mencegah Penyebaran Covid-19 Sepulang dari Mudik Lebaran, Perhatikan Hal Penting Ini

Lebih lanjut, ia mengatakan terkait mudik lebaran tahun 2022 ini,pemerintah belum membahasnya secara khusus.

Namun, Muhadjir kembali menegaskan bahwa pemerintah akan memperbaiki aturan pelaksanaan mudik lebaran pada tahun ini.

"Belum (dibahas), tapi InshaAllah mudik boleh. InshaAllah minimal kita rapikan saja aturannya nanti," ujar Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, Jakarta.

Baca juga: Boleh Mudik Lebaran Tahun ini, Menteri Muhadji: Kita Pastikan Mereka yang Booster Aman untuk Mudik

Mantan Mendikbud ini mengatakan masyarakat yang diprioritaskan untuk mudik adalah yang telah menjalani vaksinasi sebanyak dua kali atau booster.

Langkah ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 selama perjalanan mudik.

"Yang jelas yang diutamakan yang boleh mudik itu, yang sudah vaksin dua kali dan
booster," tutur Muhadjir.

Dirinya mengajak masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi Covid-19 untuk memastikan keamanan dari penyebaran virus corona.

"Karena itu kalau untuk jaga-jaga marilah kita segera kita melengkapi vaksin dosis dua dan booster itu ramai-ramai booster. Kita pastikan mereka yang booster aman untuk mudik," pungkas Muhadjir.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Tes PCR dan Antigen Dihapus, Wapres Sebut Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran,

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved