Breaking News:

Prediksi BMKG Musim Kemarau 2022 di Banten: Maret hingga Akhir Juni 2022

Musim kemarau 2022 di wilayah Provinsi Banten dan DKI Jakarta dimulai pada akhir Maret hingga akhir Juni 2022.

Editor: Glery Lazuardi
Warta Kota
ILUSTRASI Kemarau 

TRIBUNBANTEN.COM - Musim kemarau 2022 di wilayah Provinsi Banten dan DKI Jakarta dimulai pada akhir Maret hingga akhir Juni 2022.

Prakiraan cuaca itu disampaikan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kelas II Tangerang Selatan.

"Mulai dari wilayah Utara pada ZOM 59 (Kab Tangerang bag utara) hingga yang terakhir di wilayah selatan pada ZOM 62 (Kabupaten Lebak)," ujar Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Tangerang Selatan Yanuar Henry Pribadi dalam Pers Rilis melalui aplikasi Zoom, Jumat (25/3/2022).

Baca juga: Prakiraan Cuaca Banten Minggu 27 Maret 2022: Potensi Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin di Tangsel

Ia menuturkan, prakiraan awal musim kemarau 2022 umumnya lebih lambat (mundur) dibandingkan normalnya.

Terdapat satu zona musim yang lebih cepat 20 harian (Kabupaten Pandeglang) dan dua ZOM sama dibandingkan normalnya yaitu zona musim 56 dan 57 (Kabupaten Serang bagian selatan).

Sedangkan, curah hujan pada musim hujan tahun 2020/2021 umumnya bersifat normal.

Terdapat wilayah yang diprakirakan atas normal yaitu zona musim 57, 60 dan 61 (wilayah Kabupaten Pandeglang bagian utara, Kabupaten Serang bagian selatan, Kabupaten Lebak bagian utara , Kabupaten Tangerang bagian selatan, Kota Tangerang Selatan, Jakarta Utara, serta bagian selatan dari Jakarta Selatan dan Jakarta Timur).

"Puncak musim hujan umumnya diprakirakan terjadi pada bulan Juli, Agustus, dan September 2022," ungkap Yanuar.

"Waspada pada periode peralihan musim, perlu diwaspadai cuaca ekstrem seperti hujan lebat pada durasi yang pendek disertai potensi angin kencang dan petir pada periode musim peralihan tersebut," lanjut dia.

Baca juga: 10 Provinsi Sumbang Kasus Positif Corona Terbanyak Per 26 Maret 2022: Jabar Pertama, Banten Keempat

Hal itu, kata Yanuar, berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data serta memperhatikan perkembangan kondisi fisis dan dinamika atmosfer regional maupun global yang sedang berlangsung serta kecenderungannya yang dapat mempengaruhi kondisi iklim di wilayah Provinsi Banten dan DKI Jakarta.

Tulisan ini sudah tayang di kompas.com berjudul
BMKG Prediksi Musim Kemarau di Banten dan DKI Jakarta Dimulai Akhir Maret-Akhir Juni 2022

https://megapolitan.kompas.com/read/2022/03/26/08384411/bmkg-prediksi-musim- kemarau-di-banten-dan-dki-jakarta-dimulai-akhir-maret

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved