Breaking News:

Pasukan Khusus Diluncurkan, Bekerja 3 Kali Lebih Cepat, Terlatih Sentuh Langsung Jaringan 20 KV

Kegiatan ini membutuhkan kompetensi yang tinggi sehingga tidak terjadi musibah dan hal yang tidak diinginkan

dokumentasi PLN
Apel kesiapan kelistrikan menjelang Ramadan digelar PLN UID Banten di halaman kantor Kecamatan Sepatan, Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Senin (28/3/2022). 

TRIBUNBANTEN.COM, TANGERANG - PLN UID Banten meluncurkan Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan ( PDKB) Sentuh Langsung PLN UP3 Teluk Naga, Tangerang, Senin (28/3/2022).

Tim PDKB Sentuh Langsung adalah pasukan khusus PLN yang terlatih melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian material listrik.

Seluruhnya dilakukan dengan cara menyentuh langsung jaringan tersebut.

PDKB Tegangan Menengah melakukan pekerjaan sentuh langsung pada jaringan 20 kV, menggunakan sarana pendukung, di antaranya kendaraan crane yang berisolasi tahan 24 kV untuk mendekati jaringan.

Selain itu, juga boom isolasi yang tahan tegangan 130 kV dan bucket isolasi yang tahan tegangan 40 kV.

Baca juga: 1.295 Personel dan 42 Posko Siaga Jaga Pasokan Listrik PLN di Banten Selama Ramadan

Para personel yang teribat dalam pekerjaan ini harus menggunakan sleeve (pelindung/isolasi lengan) yang tahan 40 kV, sarung tangan isolasi yang tahan 30 kV, dan sepatu boot isolasi yang tahan 30 kV.

Kelebihan Tim PDKB TM Sentuh Langsung dapat bekerja tiga kali lebih cepat dibandingkan Tim PDKB TM dengan metode berjarak (menggunakan tongkat khusus dan tidak menyentuh langsung jaringan).

GM PLN UID Banten Sandika Aflianto mengatakan K3 dimulai dari diri sendiri, seperti memastikan kesehatan jasmani sebelum bekerja dan pemeriksaan alat pelindung diri (APD).

"Kegiatan ini membutuhkan kompetensi yang tinggi sehingga tidak terjadi musibah dan hal yang tidak diinginkan," katanya.

Semua pihak wajib mengikuti K3 serta memegang teguh SOP yang telah ditetapkan kemudian harus dijalankan dengan sebaik mungkin.

Baca juga: Akuisisi Captive Power 60 MW PT Cemindo Gemilang, PLN UID Banten Siap Pasok Listrik yang Andal

"Demi terwujudnya zero accident dan kualitas pelayanan serta listrik yang andal," ucap Sandika.

Seremoni peresmian ditandai dengan pemotongan pita kendaran PDKB SL dan acara sinergi PDKB akan dilaksanakan selama 5 hari ke depan.

PLN UID Banten memiliki 45 personel yang terbagi menjadi lima tim, empat tim metode sentuh langsung, dan satu tim metode berjarak.

Juga ditambah supporting dua tim rabas, lima pengawas dan dua mobil yantek siaga di Posko Melayu dan Posko Sepatan dengan target lokasi tersebar di 115 titik.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved