Breaking News:

Peringatan Dini BPBD: Angin Puting Beliung Berpotensi Terjadi di 12 Kecamatan di Kabupaten Lebak

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak meminta kepada warga untuk waspada potensi angin puting beliung di 12 kecamatan.

Penulis: Nurandi | Editor: Glery Lazuardi
Tribunnews.com/Istimewa
ILUSTRASI Angin puting beliung 

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Lebak meminta kepada warga untuk waspada potensi angin puting beliung di 12 kecamatan.

Selama satu bulan ke depan hingga Mei 2022, diprediksi akan terjadi peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

"Musim kemarau masuk di bulan Mei, memang terlambat dibandingkan dengan wilayah-wilayah lainnnya," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak, Febby Rizky Pratama, saat ditemui di kantornya, Jumat (1/4/2022).

Baca juga: Diterjang Angin Puting Beliung, 2 Rumah di Kabupaten Lebak Tertimpa Pohon Tumbang

Keadaan cuaca selama musim peralihan atau pancaraoba berpotensi menimbulkan potensi bencana alam di beberapa wilayah.

Febby menjelaskan, pada waktu musim pancaroba ini terdapat beberapa potensi bencana alam yang perlu diwaspadai. Yakni angin puting beliung, banjir bandang, dan longsor.

"Musim pancaroba ini, masih ada hujan-hujan deras, yang biasanya disertai angin kencang. Jadi yang kita waspadai itu sekarang angin puting beliung, banjir bandang, dan longsor," ujarnya.

Dari total 28 Kecamatan di Kabupaten Lebak, hampir semua wilayah masuk ke dalam zona rawan terjadinya bencana angin puting beliung.

Namun BPBD Lebak mendata ada 12 Kecamatan yang termasuk masuk jalur angin kencang.

Baca juga: Diterjang Puting Beliung, 30 Rumah di Kabupaten Jepara Rusak, Listrik Sampai Padam di Dua RT

Yakni Kecamatan Cimarga, Kecamatan Leuwidamar, Kecamatan Rangkasbitung, Maja, Curugbitung, Muncang, Wanasalam, Cibadak, Gunungkencana, Cibeber, Panggarangan dan Bayah.

Febby juga mengimbau kepada warga di 12 kecamatan itu untuk waspada dan berhati-hati. Jika ada pohon besar di sekitaran rumah, kalau bisa ditebang.

"Imbauan ini juga berlaku bagi para pengendara, bahwa jika terjadi hujan deras jangan berteduh dibawah pohon. Karena dikhawatirkan dapat roboh," ujarnya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved