Breaking News:

Mudik Lebaran

80 Juta Orang Akan Mudik Lebaran 2022, Transportasi Apa yang Jadi Primadona?

Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan memperkirakan ada 80 juta masyarakat yang melakukan mudik pada Lebaran 2022.

Editor: Glery Lazuardi
TribunBanten.com/Ahmad Haris
Ilustrasi Warga Hendak berangkat mudik Lebaran 2022 lebih awal dengan menggunakan Bis. 

TRIBUNBANTEN.COM - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan memperkirakan ada 80 juta masyarakat yang melakukan mudik pada Lebaran 2022.

Para pe mudik akan memanfaatkan berbagai moda transportasi, seperti transportasi darat, laut, udara, dan kendaraan pribadi.

Transportasi apa yang paling banyak digunakan masyarakat?

"Besar jumlahnya menggunakan angkutan umum, menggunakan angkutan pribadi terlebih dahulu atau yang akan berangkat kemudian," kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Gerard Plate, Kamis (28/4/2022).

Baca juga: Puncak Arus Mudik, Begini Persiapan di Gerbang Tol Merak pada Kamis 28 April Malam

Mengingat potensi jumlah pe mudik itu, dia meminta, para pe mudik untuk mematuhi imbauan pemerintah dan menciptakan suasana gembira agar perjalanan mudik aman dan lancar.

Pada 2022 ini merupakan mudik pertama setelah dua dua tahun masyarakat Indonesia tidak bisa mudik bareng akibat pandemi Covid-19.

Namun, Menkominfo menilai pandemi juga telah mendorong setiap individu melakukan kebiasaan hidup baru physical distancing.

Untuk itu, dia meminta, kepada para pe mudik menghindari hal-hal yang bisa memicu penularan Covid-19 dan mengurangi kontak fisik selama dalam perjalanan.

"Hampir seluruh warga bangsa Indonesia baik yang melaksanakan ibadah puasa maupun yang nonmuslim, dalam hatinya sedang menggelora keinginan untuk melaksanakan kegiatan kultural, mudik yang hibernasi lebih dari dua tahun," tuturnya.

Untuk diketahui, pada Kamis ini, Menteri Kominfo melepas 9 bus untuk pe mudik dari sivitas PNS Golongan II dan PPNPN beserta keluarga (suami/istri dan anak yang tercantum dalam Kartu Keluarga).

Sembilan bus itu akan berangkat ke 6 kota di Jawa dan 2 kota di Sumatra.

Pemberangkatan 180 orang itu merupakan wujud nyata kekeluargaan dan kegotongroyongan di lingkungan Kementerian Kominfo.

Oleh karena itu, Menkominfo mendorong rombongan Mudik Bareng Kominfo untuk membantu petugas di lapangan agar mudik berjalan lancar.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved