Breaking News:

Arus Balik Mudik Lebaran

Kebijakan One Way Dipercepat Mulai Hari Ini Kamis 5 Mei, Arus Balik Mulai Terlihat Sejak Rabu Malam

Rekayasa lalu lintas one way arus balik mudik lebaran 2022 dipercepat menjadi pada hari ini Kamis (5/5/2022).

Editor: Vega Dhini
(Kompas.com/Garry Lotulung)
Polri mulai menerapkan jalur one way arus mudik mulai di Tol Jakarta-Cikampek KM 47 sampai Tol Kalikangkung KM 414, Kamis (28/4/2022) sore ini. 

TRIBUNBANTEN.COM - Pelaksanaan rekayasa lalu lintas one way dipercepat hari ini, Kamis 5 Mei 2022.

Rekayasa lalu lintas one way arus balik mudik lebaran 2022 dipercepat menjadi pada hari ini Kamis (5/5/2022).

Sebelumnya, Polri berencana memberlakukan kebijakan one way dari Gerbang Tol Kalikangkung Km 414 sampai KM 47 Tol Cikampek pada 6,7,8 Mei 2022.

One way bakal digelar dari gerbang tol Palimanan Utama Km 188 sampai dengan Km 72 Jakarta-Cikampek (Japek).

Sejumlah kendaraan pemudik dari arah Pelabuhan Merak mulai melewati jalur arteri Kabupaten Serang, Rabu (
Sejumlah kendaraan pemudik dari arah Pelabuhan Merak mulai melewati jalur arteri Kabupaten Serang, Rabu ( (TribunBanten.com/Desi Purnamasari)

Baca juga: Prediksi Arus Balik Lebaran 2022 & Jalur Alternatif Jakarta-Bandung saat One Way Arus Balik

Baca juga: Antisipasi Tumpukan Antrean Arus Balik dari Sumatera, Pelabuhan Panjang dan Ciwandan Jadi Alternatif

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyampaikan bahwa percepatan kebijakan one way tersebut karena adanya trend peningkatan pe mudik yang pulang ke Jabodetabek sejak Rabu (4/5/2022) malam.

"Berdasarkan data arus lalu lintas hari Rabu tanggal 4 Mei 2022 dari pukul 06.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB yang telah melewati ruas jalan tol Cipali mengalami trend peningkatan," kata Dedi saat dikonfirmasi, Kamis (5/5/2022).

Dedi menuturkan hal itu selaras dengan pemantauan CCTV yang dilakukan oleh NTMC Polri. Menurutnya, pergerakan arus balik terus mengalami peningkatan.

"Berdasarkan pemantauan melalui CCTV baik yang ada di NTMC dan command Center PJR serta peta digital terlihat adanya peningkatan pergerakan arus lalin dari timur menuju ke arah barat," jelas Dedi.

Ia menjelaskan bahwa anggota dari Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Barat hingga Korlantas juga melaporkan kondisi serupa.

"Berdasarkan hasil koordinasi dengan stakeholder terkait dan PT Jasa Marga bahwa ruas tol Cipali tidak bisa menampung kepadatan arus lalin baik pada jalur A dan B dengan VCR (volume capacity Ratio) sebesar 1,19," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Polri mempercepat pelaksanaan rekayasa lalu lintas one way arus balik mudik lebaran 2022 menjadi pada hari ini Kamis (5/5/2022). Hal ini karena volume kendaraan yang pulang ke Jabodetabek terus meningkat.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyampaikan bahwa kebijakan one way hari ini bakal berlangsung dari gerbang tol Palimanan Utama Km 188 sampai dengan Km 72 Jakarta- Cikampek (Japek).

Rencananya, kebijakan one way tersebut bakal berlangsung pada pukul 11.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB. Nantinya, kebijakan one way juga itu bakal digabung dengan skema contraflow.

"One way akan diberlakukan pada hari Kamis tanggal 5 Mei 2022 pukul 11.00 sampai dengan 24.00 WIB dimulai dari GT Palimanan Utama Km 188 sampai dengan Km 72 Cikampek dilanjutkan contraflow sampai dengan tol Jakarta Cikampek Km 47," kata Dedi saat dikonfirmasi, Kamis (5/5/2022).

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved