Breaking News:

Virus Corona

Perubahan Kebijakan, Ini Aturan Terbaru Naik Pesawat yang Berlaku Mulai 18 Mei 2022

Sebelumnya, mengacu SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 16 dan 17 Tahun 2022, hanya yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau booster

(TribunJakarta.com/Ega Alfreda)
Suasana Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta H-7 menjelang Lebaran 2022 yang mulai dipenuhi penumpang pesawat yang hendak mudik, Minggu (24/4/2022). 

TRIBUNBANTEN.COM - Aturan terbaru naik pesawat yang berlaku mulai 18 Mei 2022.

Presiden Joko Widodo mengatakan bagi pelaku perjalanan dalam dan luar negeri tak perlu lagi melakukan tes swab PCR dan antigen.

"Bagi yang sudah mendapat vaksinasi Covid-19 dosis lengkap," katanya dalam konferensi pers, Selasa (17/5/2022).

Menurut Jubir Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, elaborasi arahan Presiden akan dituangkan dalam beberapa perubahan kebijakan pengendalian Covid-19.

Baca juga: BREAKING NEWS! Presiden Jokowi Bolehkan Warga Copot Masker di Luar Ruangan

"Yaitu terkait pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri. Masa berlaku efektifnya per 18 Mei 2022," ucapnya.

Pemerintah menghapus kewajiban menunjukkan hasil tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan domestik dan luar negeri yang telah divaksin dosis lengkap.

Wiku menegaskan, keputusan pelonggaran tersebut pemerintah ambil dengan menimbang perkembangan kasus Covid-19 nasional dan global terkini, serta tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian.

Wiku mengatakan, walaupun pemerintah telah banyak kembali mengizinkan peningkatan aktivitas masyarakat, kita perlu tetap melanjutkan upaya vaksinasi serta budaya hidup bersih dan sehat lainnya.

"Seperti (penerapan) protokol kesehatan. Sejatinya, pandemi belum resmi dinyatakan berakhir oleh WHO (Organisasi Kesehatan Dunia)," kata Wiku.

Sebelumnya, mengacu SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 16 dan 17 Tahun 2022, hanya yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau booster yang tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

Baca juga: Berdamai dengan Covid-19, Indonesia Tak Wajibkan Pakai Masker di Ruang Terbuka

Pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

Atau, wajib memperlihatkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

Sumber: Kontan.co.id

Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved