Breaking News:

Heboh Pengambilan Air di Sungai Cimande, Wakil Ketua MPR Turut Bereaksi

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) meminta persoalan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) jangan sampai menimbulkan konflik di masyarakat.

Editor: Glery Lazuardi
Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
Sungai Cimande 

TRIBUNBANTEN.COM - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) meminta persoalan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) jangan sampai menimbulkan konflik di masyarakat.

"Jangan sampai terjadi kekerasan fisik (di masyarakat,-red) dan adu domba. Saya harapkan anggota DPRD betul-betul bisa membantu, atau lembaga yang dilapori betul-betul membantu," ujar HNW, pada Selasa (7/6/2022).

Baca juga: Anaknya Jadi Korban, Ridwan Kamil Usul Wali Kota Bern Tambah CCTV di Sungai Aare

Menurut HNW, masyarakat sebenarnya selain bisa melaporkan berbagai masalah ke polisi dan aparat hukum lainnya seperti Ombudsman juga seharusnya bisa mendapatkan advokasi dari DPRD.

"Melaporkan ke polisi, ke ombudsman atau melaporkan ke DPRD setempat agar mendapat advokasi. Negara hukum harus seperti itu, jangan sampai mereka malah menjadi korban," tuturnya.

Persoalan pemanfaatan SDA sedang menjadi sorotan. Salah satunya terjadi di wilayah Sumedang, Jawa Barat, dimana PT Duta Family Trieutama (PT DFT).

Kronologi

PDAM Kabupaten Sumedang mengeluarkan Surat Keterangan yang menjadi acuan PT Duta Family Trieutama dalam komersialisasi air sungai dan mata air.

Di mana surat keterangan tersebut menyebutkan PDAM Kabupaten Sumedang belum bisa memenuhi pasokan air bersih ke masyarakat.

PT Duta Family Trieutama yang hanya memilki izin memanfaatkan air sungai untuk kebutuhan perusahaannya, diduga melanggar dengan memanfaatkan juga mata air untuk tujuan komersialisasi.

Akibatnya masyarakat menjadi korban terkena imbasnya yakni kekurangan air bersih, bahkan PT Duta Family Trieutama telah membuat jalur pipa-pipa air komersil yang dijual ke perusahaan-perusahaan besar.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved