Breaking News:

Bencana Pergeseran Tanah di Lebak: Empat Rumah Warga Alami Rusak Berat, 11 KK Diungsikan

Bencana pergerakan tanah terjadi di Kampung Kebon Kalapa, Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak pada Jumat (10/6/2022) malam

Penulis: Nurandi | Editor: Abdul Rosid
Nurandi/TribunBanten.com
Bencana pergeseran tanah di Kampung Kebon Kalapa, Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak pada Jumat (10/6/2022) malam 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Nurandi

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Bencana pergerakan tanah terjadi di Kampung Kebon Kalapa, Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak pada Jumat (10/6/2022) malam.

Kejadian bencana pergeseran tanah tersebut mengakibatkan enam rumah warga mengalami kerusakan.

Dari enak rumah yang rusak, empat diantaranya mengalami kerusakan berat dan dua rumah terancam akibat terdampak retakan tanah.

Camat Kalanganyar, Cecep Saputra mengatakan empat rumah warga yang mengalami rusak berat, kondisinya ambruk pada bagian depannya hingga rusak parah pada bagian dapur.

Baca juga: Begini Hukuman untuk Oknum DPRD Tangsel yang Pukul Wasit, Ternyata Wasitnya Anggota TNI

"Kerusakan memang cukup parah, karena semua bagian rumah mengalami retakan baik pada tembok dan lantainya," katanya saat meninjau kerusakan rumah, kepada TribunBanten.com, Senin (13/6/2022).

Dia juga memastikan bahwa jumlah rumas yang terdampak sudah final. hal itu berdasarkan pengecekan lokasi yang dilakukan oleh pihaknya.

"Mudah-mudahan tidak ada lagi, hanya itu saja yang rumahnya mengalami kerusakan," ujarnya.

Semantara, untuk warga yang tempat tinggalnya rusak akibat terdampak bencana pergeseran tanah sudah di evakuasi dan diungsikan.

Warga yang diungsingkan saat ini tercatat ada 11 kepala keluarga (KK).

11 KK tersebut akan mendapatkan bantuan dari BPBD Kabupaten Lebak berupa dana tunggu hunian (DTH) sebesar Rp 500.000.

Potret kerusakan rumah akibat bencana pergeseran tanah di Kampung Kebon Kalapa, Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak pada Jumat (10/6/2022) malam
Potret kerusakan rumah akibat bencana pergeseran tanah di Kampung Kebon Kalapa, Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak pada Jumat (10/6/2022) malam (Nurandi/TribunBanten.com)

Dana tersebut akan diberikan selama 6 bulan untuk digunakan sewa rumah.

Kepala Desa Cilangkap, Ahmad Roni mengatakan untuk antisipasi pergeseran tanah susulan, pihaknya membemberikan imbauan untuk waspada dan hati-hati.

Baca juga: 400 Tenaga Honorer Audiensi dengan Pemkot Serang, Minta Diangkat Jadi Pegawai PPPK

"Jadi untuk antisipasinya kita segera himbau untuk segera mengungsi, karena berbahaya," katanya

Selain itu, kata dia, pihaknya saat ini sudah bekerjasama dengan pemerintah kecamatan, Dinas PUPR Lebak dan BPBD Lebak sedang memperbaiki akses jalan.

"Saat ini ada perbaikan jalan yang rusak, berupa perataan ya, agar nanti jalan bisa di lalu oleh masyarakat lagi," ucapnya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved