Breaking News:

Peluang PDIP di Pilpres 2024 Jika Usung Puan Maharani, Pengamat Prediksi Hal Buruk Terjadi, Apa Itu?

Hal buruk akan terjadi jika PDIP mengusung Puan Maharani di Pilpres 2024. Direktur Eksekutif Trias Politika Startegis, Agung Baskoro, menganalisa

Editor: Glery Lazuardi
Tribunnews/Fransiskus Adhiyuda
Direktur Eksekutif Trias Politika Startegis (TPS), Agung Baskoro, memprediksi hal buruk terjadi jika PDIP ngotot mengusung Puan Maharani di Pilpres 2024. 

TRIBUNBANTEN.COM - Direktur Eksekutif Trias Politika Startegis (TPS), Agung Baskoro, memprediksi hal buruk terjadi jika PDIP ngotot mengusung Puan Maharani di Pilpres 2024.

Pertama, PDIP akan kesulitan untuk berkoalisi dengan partai politik lain.

Kedua, Ganjar Pranowo, gubernur Jawa Tengah yang menjadi kader PDIP kemungkinan besar akan direkrut partai politik lain.

"Kans PDIP untuk berkoalisi dengan partai semakin kecil ketika Puan jadi sosok harga mati menimbang raihan elektabilitasnya rendah," ujar Agung, saat dihubungi Kompas.com, pada Senin (27/6/2022).

Baca juga: Bursa Capres 2024, Airlangga Bisa Jadi Kuda Hitam di Pilpres, Pesaing Anies, Ganjar atau Prabowo

Memang sampai saat ini terlihat ada geliat buat mempersiapkan Puan untuk menggantikan kepemimpinan sang ibu yang juga Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Beberapa waktu lalu baliho hingga spanduk berisi wajah Puan menghiasi berbagai kota di Indonesia.

Hal itu bisa dianggap sebagai sinyal buat mengenalkan sosok Puan kepada masyarakat.

Maka dari itu, jika memang Puan tetap akan diusung dalam Pilpres 2024 mendatang, PDIP mesti mencari mitra koalisi yang tepat supaya bisa mendorong elektabilitas Puan yang sampai saat ini masih berada di papan bawah.

"Tak bisa dimungkiri bahwa PDIP ingin menyiapkan suksesor Mega dalam diri Puan. Kebutuhan internal akan hal ini tampaknya jadi bahan pertimbangan yang sama pentingnya dengan siapa kelak nanti PDIP berkoalisi agar kans Puan menang semakin besar dalam Pilpres," ucap Agung.

Di sisi lain, aroma persaingan di internal PDIP semakin kuat setelah Puan beberapa kali melontarkan pernyataan yang bernada sindiran, seperti calon pemimpin yang hanya aktif di media sosial dan lainnya.

Meski tidak secara langsung menyebutkan nama, diduga pernyataan Puan itu diarahkan kepada Ganjar.

Sebab, Ganjar memang aktif di media sosial dan mempunyai pengikut yang jumlahnya lumayan.

Baca juga: Tertinggi di Banten, Dinkes Pandeglang Optimis Angka Stunting Turun ke Angka 24 persen di Tahun 2024

Jika PDIP memutuskan tidak mengusung Ganjar untuk maju dalam Pilpres 2024, maka menurut Agung dia mempunyai 2 pilihan.

"Jika hal ini yang menjadi dasar, wajar bila Ganjar harus siap-siap mencari perahu lain atau memang rela menjadi penyokong Puan sebagaimana ia disokong saat 2 kali Pilgub Jateng," ucap Agung.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PDIP Diprediksi Sulit Cari Mitra Koalisi Jika Usung Puan di Pilpres"

PDIP Predicted It's Difficult to Find Coalition Partners If Carrying Puan in the Presidential Election

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved