Breaking News:

Pemerintah dan Muhammadiyah Beda Tanggal Idul Adha, Kapan Waktu Puasa Arafah? Ini Penjelasan MUI

Kapan waktu pelaksanaan ibadah puasa arafah? Mengingat pada tahun ini ada perbedaan penetapan waktu Idul Adha antara pemerintah dan Muhammadiyah

Editor: Glery Lazuardi
Freepik
Ada perbedaan waktu Hari Raya Idul Adha antara pemerintah dan Muhammadiyah, kapan pelaksanaan ibadah puasa Arafah? 

TRIBUNBANTEN.COM - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada 10 Juli 2022.

Penetapan waktu Hari Raya Idul Adha yang ditetapkan oleh pemerintah itu berbeda dengan Muhammadiyah yang menetapkan pada 9 Juli 2022.

Baca juga: Jelang Idul Adha, Harga Daging Sapi dan Sejumlah Bahan Pokok di Kota Serang Masih Terkendali

Ketua Majelis Ulama Indonesia ( MUI) Abdullah Jaidi, mengimbau umat Islam Indonesia saling menghormati satu sama lain soal perbedaan jatuhnya Hari Raya Idul Adha.

"Jangan perbedaan itu sampai saling perpecahan dan tak saling hormati. Hendaknya saling hormati," ujarnya saat konferensi pers usai sidang Isbat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Rabu (29/6/2022).

Ada perbedaan waktu Hari Raya Idul Adha antara pemerintah dan Muhammadiyah, kapan
pelaksanaan ibadah puasa Arafah?

Abdullah Jaidi menjelaskan umat Islam seyogyanya sudah dianjurkan untuk berpuasa dari tanggal 1 sampai 9 Zulhijah atau sehari sebelum Hari Raya Idul Adha.

"Kita ini kalau mau Puasa Arafah tanggal berapa? Karena Arafah itu adanya di sana. Kenapa kita bingung. Kita ini dianjurkan puasa dari 1 Zulhijah sampai 9 Zulhijah," kata Jaidi.

Umat Islam, kata dia, masih bisa berpuasa hingga Sabtu 9 Juli mendatang bila mengikuti keputusan pemerintah yang menetapkan Iduladha jatuh pada 10 Juli.

Menurut dia, apabila ada perbedaan terkait ahli hisab, maka keputusan pemerintah menjadi solusi untuk ditaati terlebih dulu. Hal demikian sudah diputuskan oleh fatwa para ulama.

"Berarti kita kalau mau puasa pada hari Jumat atau puasa hari Sabtunya masih dibolehkan karena belum ditetapkan sebagai Hari Raya Idul Adha," tambahnya.

Sebelumnya, Hari Raya Idul Adha jatuh pada 10 Zulhijjah 1443 H atau pada Minggu 10 Juli 2022.

Baca juga: BREAKING NEWS Hari Raya Idul Adha 1443 H Jatuh Pada 10 Juli 2022

Ini berdasarkan keputusan sidang isbat yang digelar di Auditorium HM Rasjidi, kantor Kementerian Agama, pada Rabu (29/6/2022).

"Secara mufakat 1 Zulhijjah 1443 H jatuh pada Jumat 1 Juli 2022," kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid.

Rangkaian sidang diawali seminar paparan posisi hilal sekitar pukul 17.00 WIB.

Kemudian, pada pukul 18.15 WIB dilanjutkan dengan sidang isbat. Sidang tersebut dilakukan secara tertutup.

Penentuan awal bulan Zulhijah ini sebagai penanda untuk perayaan Hari Raya Idul Adha setiap 10 Zulhijah bagi umat muslim.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved