Breaking News:

Jelang Idul Adha, DPPP Kota Serang Temukan Dua Domba Kurban Alami Sakit Mata

Pihak Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (DPPP) Kota Serang menemukan ada dua ekor domba menderita sakit mata di lapak pedagang hewan kurban

Penulis: mildaniati | Editor: Glery Lazuardi
TRIBUNBANTEN/MILDANIATI
Pihak Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (DPPP) Kota Serang menemukan ada dua ekor domba menderita sakit mata di lapak pedagang hewan kurban, pada Senin (4/7/2022). Lapak pedagang hewan kurban itu berada dilapak H Dadang Rahman Taufik di depan kantor Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten. 

Laporan Wartawan Tribun Banten.com, Mildaniati

TRIBUNBANTEN, KOTA SERANG - Pihak Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (DPPP) Kota Serang menemukan ada dua ekor domba menderita sakit mata di lapak pedagang hewan kurban, pada Senin (4/7/2022).

Lapak pedagang hewan kurban itu berada dilapak H Dadang Rahman Taufik di depan kantor Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten.

Informasi itu disampaikan Medik Veteriner, Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (DPPP) Kota Serang, Dr Ratna Suryaningrum.

Baca juga: Jelang Idul Adha, Enam Hewan Ternak di Taktakan Serang Terindikasi Suspek PMK

"Berdasarkan hasil pemeriksaannya tadi ditemukan dua ekor domba sakit mata," kata dia, saat ditemui usai monitoring hewan qurban.

Sejauh ini, kata dia, di tempat itu hanya ditemukan penyakit ringan, seperti flu.

"Tidak ada penyakit lain. Insya Allah sehat hewan kurban, sehat semua. Yang dijumpai penyakit-penyakit ringan," kata dia.

Dia mengungkapkan pada umumnya setelah hewan ternak tiba di Kota Serang, maka akan mengalami kelelahan karena efek perjalanan jauh.

"Karena transportasi yang jauh, paling gejalanya sedikit flu kemudian penyakit mata," tuturnya.

Pihaknya mengaku selalu memantau hewan-hewan. Jika ada yang sakit, biasanya disarankan untuk dipisahkan dari hewan lainnya.

"Kalau ada yang sakit selalu kami sarankan untuk dipisahkan kandangnya atau dibawa pulang dirawat di rumah untuk diobati oleh tim kami," jelasnya.

Baca juga: Sambut Idul Adha 2022, Pria Paruh Baya di Kota Serang Pilih Jual Hewan Kurban di Teras Rumah

Sejauh ini, tidak ada yang terindikasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved