Breaking News:

Jelang Pemilu dan Pilkada 2024 di Kabupaten Serang, KPU Gandeng BIN untuk Antisipasi Isu SARA

Jelang Pemilu dan Pilkada 2024, KPU Kabupaten Serang mengantisipasi penyebaran isu SARA. KPU bekerjasama dengan BIN dan Polri menangkal isu SARA

Penulis: desi purnamasari | Editor: Glery Lazuardi
TRibun Jogja
Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang mengantisipasi penyebaran isu suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) menjelang Pemilu dan Pilkada 2024. Untuk menangkal penyebaran isu SARA, pihak KPU Kabupaten Serang bekerjasama dengan Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN). 

TRIBUNBANTEN.COM - Pihak KPU)'>Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Serang mengantisipasi penyebaran isu suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) menjelang Pemilu dan Pilkada 2024.

Untuk menangkal penyebaran isu SARA, pihak KPU Kabupaten Serang bekerjasama dengan Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN).

Upaya itu dilakukan untuk memetakan wilayah yang rawan terjadi penyebaran isu SARA yang dikhawatirkan akan menimbulkan konflik di masyarakat.

"Kalau KPU pada prinsipnya sebagai penyelenggara maka penting ketertiban masyarakat," ujar Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar, kepada TribunBanten.com ditemui di ruang kerjanya, pada Senin (4/7/2022).

Baca juga: KPU Kabupaten Serang Minta Pemprov Banten Segera Tentukan Besaran Dana Cost Sharing Pilkada 2024

Berdasarkan data dari BIN, kata dia, Kabupaten Serang merupakan wilayah di Provinsi Banten yang terindikasi masih ada kelompok yang menggunakan isu SARA untuk kepentingan pesta demokrasi rakyat.

"Itu biasanya kelompok tertentu, seolah yang sama dengan mereka itu yang paling benar dan yang di luar kelompok mereka itu salah. Memang masih ada di beberapa titik," kata dia.

Untuk itu, pihaknya bersama BIN dan sejumlah instansi terkait akan berupaya melakukan pencegahan diri.

Baca juga: Kemana Arah Ahmed Zaki Iskandar di 2024, Pilkada DKI Jakarta atau Pilkada Banten?

Sehingga, harapannya tidak ada lagi isu SARA di setiap Pemilu.

"Pencegahan dini terus dikoordinasikan. Ada sejumlah titik yang sudah kita antisipasi," tambahnya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved