Breaking News:

BPJS Kesehatan KC Tangerang

Cara Mereaktivasi Kepesertaan Kartu Indonesia Sehat, Pelayanan PBPU/BP Pemda Ditingkatkan

Dinas Sosial akan mengeluarkan surat pengajuan reaktivasi ke kantor cabang BPJS Kesehatan

dokumentasi BPJS Kesehatan Cabang Tangerang
Pertemuan optimalisasi peran kecamatan dalam meningkatkan efektivitas distribusi Kartu Indonesia Sehat (KIS), Jumat (1/7/2022). Masyarakat yang menonaktifkan kepesertaan bisa mereaktivasi kembali dengan pengecekan data terlebih dahulu. 

TRIBUNBANTEN.COM, TANGERANG - Total kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Tangerang mencapai 96,75 persen.

Artinya, hampir seluruh masyarakat Kota Tangerang sudah terkaver BPJS Kesehatan.

Namun, kata Kabid Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Tangerang Tiasa Nugraha Arisapna, terdapat penonakfitan peserta dalam beberapa waktu terakhir.

Terutama Penerima Bantuan Iuran (PBI), termasuk Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) pemerintah daerah.

Baca juga: Prolanis dan PRB Jadi Prioritas Peningkatan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan

"Hal ini mengakibatkan banyak keluhan dari masyarakat," katanya melalui rilis yang diterima TribunBanten.com, Rabu (13/7/2022).

Hal itu dikatakan Tiasa dalam pertemuan optimalisasi peran kecamatan dalam meningkatkan efektivitas distribusi Kartu Indonesia Sehat (KIS), Jumat (1/7/2022).

Pertemuan itu dilakukan Dinas Sosial Kota Tangerang dan BPJS Kesehatan sebagai upaya meningkatkan sinergi dengan menyamakan data kepesertaan PBPU dan BP pemerintah daerah.

Menurut Tiasa, masyarakat yang menonaktifkan kepesertaan bisa mereaktivasi kembali KIS dengan pengecekan data terlebih dahulu untuk mengetahui status PBI.

"Kemudian bisa melaporkan diri ke Dinas Sosial setempat untuk dicek. Apakah peserta masuk ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau tidak," ucap Tiasa.

Nantinya, Dinas Sosial akan mengeluarkan surat pengajuan reaktivasi ke kantor cabang BPJS Kesehatan dan ditindaklanjuti pengaktifan kembali status kepesertaannya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved