Breaking News:

Bank Banten

Bank Banten Siap Luncurkan Santripreneur di Sumatera Selatan

Kerja sama merupakan wujud nyata hadirnya Bank Banten dalam upaya mendorong kemandirian santri.

dokumentasi Bank Banten
Yayasan Islam Al Ittifaqiah menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (Bank Banten) di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (8/7/2022). 

TRIBUNBANTEN.COM - Yayasan Islam Al Ittifaqiah menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (Bank Banten) di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (8/7/2022).

Kerja sama ini ditandatangani Direktur Utama Bank Banten Agus Syabarrudin bersama Ketua Badan Usaha Milik Yayasan Al-Ittifaqiah Yopi Valentino.

Penandatanganan juga disaksikan Ketua Pembina Yayasan Islam Al-Ittifaqiah Drs KH Mudrik Qori, MA.

Kerja sama merupakan wujud nyata hadirnya Bank Banten dalam upaya mendorong kemandirian santri.

Baca juga: Lirik Potensi Santri, Bank Banten Luncurkan Program Banten Santri Entrepreneur

KH Mudrik meyakini kerja sama ini akan mendorong para santri untuk mengambil peranan penting sebagai penggerak kebangkitan ekonomi.

“Kami berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut dalam rangka pemberdayaan santri di pondok pesantren kami yang memiliki lebih dari 7.000 santri dengan luas 400 hektare," katanya.

Agus Syabarrudin mengatakan program Santri Enterpreneur ini akan meliputi lima pilar utama, yaitu kreatif, maritim, agro, techno, dan digital.

“Untuk pertama ini akan ada bengkel motor yang programnya sudah kami jalankan hasil kerja sama dengan Speedwork Indonesia,” ujar Agus.

Provinsi Banten saat ini juga memiliki marketplace, yaitu Plaza Banten yang nantinya produk-produk santri dapat didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan yang ada.

Yopi Valentino mengatakan hal ini sejalan dengan program yang ada di pondok pesantren.

"Bengkel dari Bank Banten nanti akan coba kolaborasikan dengan program 4.000 titik Pertashop yang kami miliki," ucapnya.

Baca juga: Gandeng 3 Partner di Expo Karya Kreatif Banten 2022, Bank Banten Dorong Cashless Society di Banten

Melalui program Banten Santri Entrepreneur, para santri yang telah lulus dari pondok pesantren akan diberikan bekal pengetahuan dan pelatihan.

Bekal itu untuk mengelola usaha, secara teknis, pemasaran, dan keuangan, agar nantinya dapat bekerja sebagai pengelola bengkel atau membuka usaha sendiri sebagai Santri Entrepreneur.

"Ini dapat mengakselerasi potensi zakat yang ada dan bisa turut serta dalam pengembangan perekonomian umat, dalam hal ini para santri yang tersebar di seluruh pondok pesantren di Provinsi Banten,” katanya.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved