Breaking News:

4 Negara Asia Ini Terancam Seperti Sri Lanka, Indonesia Termasuk?

Negara-negara Asia lainnya yang dikhawatirkan tampaknya berada pada lintasan yang sama dengan Sri Lanka menurut IMF.

Editor: Abdul Rosid
AFP
Negara Sri Lanka saat ini tengah alami krisis ekonomi yang hebat: Dafytar negara asia yang terancam alami krisis ekonomi 

TRIBUNBANTEN.COM - Negara Sri Lanka saat ini tengah alami krisis ekonomi yang hebat.

Krisis ekonomi yang melanda Sri Lanka membuat penduduknya melakukan protes besar-besaran.

Selain Sri Lanka, empat negara di Asia beresiko mengalami krisis ekonomi terburuk.

"Negara-negara dengan tingkat utang yang tinggi dan ruang kebijakan yang terbatas akan menghadapi tekanan tambahan. Lihatlah Sri Lanka sebagai tanda peringatan," kata Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva pada Sabtu (16/7/2022) sebagaimana dilansir BBC.

Baca juga: Singapura Usir Mantan Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa: Hanya Diberi Waktu 15 Hari

Dia mengatakan negara-negara berkembang juga telah mengalami arus keluar modal yang berkelanjutan selama empat bulan berturut-turut.

Terlebih mengingat meningkatnya tantangan global, seperti lonjakan inflasi dan kenaikan suku bunga, depresiasi mata uang, tingginya tingkat utang dan berkurangnya cadangan mata uang asing.

Berikut negara-negara Asia lainnya yang dikhawatirkan tampaknya berada pada lintasan yang sama dengan Sri Lanka menurut IMF.

1. Pakistan

Harga bahan bakar di Pakistan naik sekitar 90 persen sejak akhir Mei, setelah pemerintah mengakhiri subsidi bahan bakar. Langkah itu terpaksa diambil untuk mengendalikan pengeluaran di tengah negosiasi program bailout lanjutan dari IMF.

Ekonomi Pakistan sedang berjuang dengan kenaikan harga barang. Pada Juni, tingkat inflasi tahunan mencapai 21,3 persen, tertinggi dalam 13 tahun.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved