Breaking News:

Paxlovid Dapat Izin Darurat Sebagai Obat Covid-19, Bagaimana Cara Kerja dan Khasiatnya?

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan Izin Penggunaan Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) untuk Paxlovid.

Editor: Glery Lazuardi
freepik
Ilustrasi Covid-19. Paxlovid mendapatkan izin darurat sebagai obat Covid-19. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan Izin Penggunaan Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) untuk Paxlovid. 

TRIBUNBANTEN.COM - Paxlovid mendapatkan izin darurat sebagai obat Covid-19.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan Izin Penggunaan Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) untuk Paxlovid.

Paxlovid merupakan tablet salut selaput sebagai obat Covid-19.

Paxlovid yang disetujui berupa tablet salut selaput dalam bentuk kombipak. Ini terdiri dari Nirmatrelvir 150 mg dan Ritonavir 100 mg.

Baca juga: Update Data Covid-19 16 Juli 2022 di Banten, Jabar, Jateng, Jabar, Sumsel, Babel, dan Lampung

"Dengan indikasi untuk mengobati COVID-19 pada orang dewasa yang tidak memerlukan oksigen tambahan dan yang berisiko tinggi terjadi progresivitas menuju COVID-19 berat," kata Kepala BPOM, Penny K Lukito.

Paxlovid adalah kombinasi antivirus PF-07321332 yang diteliti Pfizer dan ritonavir dosis rendah, obat antiretroviral yang biasanya digunakan untuk mengobati HIV.

Kedua komposisi tersebut dapat mengganggu replikasi SARS-CoV-2 dalam tubuh dengan mengikat protease mirip 3CL, enzim yang penting untuk fungsi dan reproduksi virus.

Menurut analisis sementara, Paxlovid mengurangi risiko rawat inap atau kematian terkait Covid-19 sebesar 89 % pada mereka yang menerima perawatan dalam waktu tiga hari sejak timbulnya gejala.

Obat tersebut juga terbukti sangat efektif.

Hanya 1 % pasien yang menerima Paxlovid dirawat di rumah sakit hingga hari ke-28, dibandingkan dengan 6,7 % peserta plasebo.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved