Breaking News:

22 Desa di Kabupaten Serang Berstatus Desa Wisata, Berikut Daftarnya

22 desa di 29 kecamatan di Kabupaten Serang ditetapkan menjadi desa wisata. Penetapan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Serang Ratu Tatu

Penulis: desi purnamasari | Editor: Glery Lazuardi
dokumentasi Disporapar Kabupaten Serang
Ilustrasi desa wisata di Kabupaten Serang. Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, menetapkan 22 desa di 29 kecamatan di Kabupaten Serang menjadi desa wisata. Penetapan 22 desa menjadi desa wisata itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. 

Laporan Wartawan Tribun Banten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, menetapkan 22 desa di 29 kecamatan di Kabupaten Serang menjadi desa-wisata' title=' desa wisata'> desa wisata.

Penetapan 22 desa menjadi desa-wisata' title=' desa wisata'> desa wisata itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

"Saat ini sudah ada penetapan dari bupati terhadap 22 desa masuk kategori desa wisata di Kabupaten Serang," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang Anas Dwisatya Prasadya, di Disporapar Kabupaten Serang, Jumat (29/7/2022).

Baca juga: STP Trisakti Jakarta Membina Desa Cikolelet, Targetkan untuk Jadi Desa Wisata Mandiri

Pemerintah Kabupaten Serang telah menggelar rapat pembinaan desa-wisata' title=' desa wisata'> desa wisata dari rintisan menjadi berkembang.

Penetapan 22 desa di Kabupaten Serang menjadi desa wisata itu, kata dia, dapat memotivasi masyarakat desa supaya lebih mensosialisasikan kepada masyarakat.

Baca juga: Masuki Tahap Karantina, 20 Peserta Kang Nong Kabupaten Serang Ditempa di Desa Wisata Cikolelet

Karenanya, kata Anas, tanpa adanya partisipasi masyarakat, akan sulit bagi desa-wisata' title=' desa wisata'> desa wisata untuk dapat berkembang ke arah lebih maju lagi.

“Kaya sekarang desa-wisata' title=' desa wisata'> desa wisata rintisan dan kita berharap dari rintisan bisa ke desa berkembang,”katanya.

Sehingga, lanjut Anas, ada peningkatan status desa. Dengan perkembangannya maka desa-wisata' title=' desa wisata'> desa wisata tidak hanya sekadar desa rintisan namun akan bergerak semua. Mulai dari masyarakat hingga ekonomi kreatif.

Anas memaparkan, selain 22 desa yang sudah ditetapkan jadi desa-wisata' title=' desa wisata'> desa wisata, ada juga Desa Panyabrangan, Kecamatan Cikeusal yang pada tahun ini sudah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) menjadi desa budaya.

“Desa budaya diharapkan bisa jadi desa wisata juga. Mulai dari bagaimana adanya aktivitas seni atau kegiatan budaya dan wisata di wilayah tersebut,"katanya.

Baca juga: 5 Destinasi Desa Wisata di Banten, Tawarkan Edukasi Agrowisata hingga Hamparan Awan

Anas mengapresiasi pemerintah desa yang telah berusaha menjadikan desa mereka menjadi desa-wisata' title=' desa wisata'> desa wisata dengan melakukan berbagai upaya.

Selain itu, pihaknya juga berharap hal serupa pun dapat diikuti oleh Desa lainnya. Agar desa wisata di Kabupaten semakin banyak dan terus bertambah.

Baca juga: Upaya Pemulihan Ekonomi Kabupaten Serang, Raperda Desa Wisata & UMKM Diusulkan di Propemperda

Sementara, berdasarkan penetapan desa-wisata' title=' desa wisata'> desa wisata mulai dari tahun 2020 hanya ada dua Desa, 2021 ada 10 Desa, 2022 bertambah menjadi 12 Desa

"Mudah-mudahan tahun depan nambah lagi, jadi tiap tahun ada peningkatan," katanya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved