Breaking News:

Manfaat Imunisasi Lengkap Bagi Anak, Dapat Cegah Ragam Penyakit

Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) merupakan kegiatan pemberian imunisasi tambahan campak-rubela dan pemberian imunisasi pada anak secara lengkap.

Penulis: desi purnamasari | Editor: Ahmad Haris
TribunBanten.com/Desi Purnamasari
Staf Ahli Bupati Serang bersama pihak Puskesmas Cikande dangan stakeholder lainnya saat melakukan pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Desa Cikande Permai, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, pada Senin (1/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) merupakan kegiatan pemberian imunisasi tambahan campak-rubela, dan pemberian imunisasi pada anak yang belum mendapatkan imunisasi lengkap.

Imunisasi pada program BIAN, dapat melindungi anak dari penyakit-penyakit tertentu.

Bulan Imunisasi Anak Nasional mencakup dua kegiatan.

Baca juga: Bulan Imunisasi Anak Nasional, PJ Gubernur Banten Minta Orang Tua Pastikan Anak Diimunisasi Lengkap

Pertama, berupa imunisasi tambahan dengan dilakukan pemberian satu dosis imunisasi campak-rubela secara massal, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya untuk anak usia 9-59 bulan.

Kedua, ialah imunisasi kejar, yakni berupa pemberian satu atau lebih jenis imunisasi untuk melengkapi status imunisasi anak usia 12-59 bulan.

Pelaksanaan BIAN di Kabupaten Serang dilakukan di seluruh Puskesmas di setiap kecamatan, mulai dari 1-14 Agustus 2022.

Staf ahli Bupati Serang Rahmat Fitriyadi mengatakan, ada beberapa penyakit yang bisa menyerang jika anak tak mendapat imunisasi lengkap.

"Imunisasi saat ini disebut imunisasi vaksin, sehingga memberikan kekuatan vaksin pada anak agar kebal akan penyakit," katanya saat gelar BIAN di Kecamatan Cikande, Senin (1/8/2022).

Untuk anak yang tidak punya kekebalan, maka akan mudah terinfeksi penyakit, di antaranya seperti penyakit TBC.

"TBC kalau sudah kena, itu pengobatan luar biasa sampai enam bulan, terus penularan lebih cepat, hepatitis, campak, anak-anak kalau tidak diberi vaksin campak kalau kena campak kondisinya berat," tuturnya.

Selain itu, bisa juga menimbulkan infeksi radang paru-paru dan penyakit lainnya, seperti rubella dan hepatitis.

Rahmat mengatakan, vaksin juga bisa mencegah kanker serviks pada perempuan, jadi imunisasi ini teknologi kedokteran untuk menyelamatkan umat manusia.

"Kita lihat anak anak itu diberi imunisasi, supaya dari awal muda sudah dapat satu kekuatan, guna mencegah penyakit tertentu tadi,"katanya.

Baca juga: BIAN 2022, Pemkab Lebak Targetkan 93 Ribu Anak di Lebak Dapat Imunisasi

Sehingga, ketika anak-anak tumbuh, akan terhindar dari berbagai penyakit yang sangat berat.

Seperti hepatitis yang menyerang hati, TBC menyerang paru-paru dan meningitis pada selaput otak.

Sedangkan untuk jumlah sasaran BIAN yakni sebanyak 91.362 anak imunisasi campak rubella, 23.077 anak imunisasi kejar vaksin polio oral 24.281 anak, dan imunisasi kombinasi seperti DPT HB HIB yakni sebanyak 28.821 anak.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved