Breaking News:

Sempat Tertunda Akibat Pandemi, Seluruh Puskesmas di Kabupaten Serang Akhirnya Gelar Bulan Imunisasi

Pemerintah Kabupaten Serang melakukan pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Desa Cikande Permai Kecamatan Cikande, Senin (1/8/2022).

Penulis: desi purnamasari | Editor: Ahmad Haris
TribunBanten.com/Desi Purnamasari
Staf Ahli Bupati Serang bersama pihak Puskesmas Cikande dangan stakeholder lainnya melakukan pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Desa Cikande Permai, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, pada Senin (1/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM,SERANG - Pemerintah Kabupaten Serang melakukan pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Desa Cikande Permai Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, pada Senin (1/8/2022).

BIAN ini juga dilakukan secara serentah di seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Serang.

Staf ahli Bupati Serang Rahmat Fitriyadi mengatakan, program BIAN merupakan satu di antara kewajiban pemerintah, dalam melindungi anak dari berbagai penyakit, yang bisa diberikan melalui imunisasi.

Baca juga: BIAN 2022, Pemkab Lebak Targetkan 93 Ribu Anak di Lebak Dapat Imunisasi

"Program BIAN dilakukan sebagai upaya untuk mengejar ketertinggalan imunisasi selama pandemi Covid-19, yang sempat mengalami keterlambatan," katanya saat ditemui di lokasi, Senin.

Menurutnya, melalui program BIAN, Pemkab Serang memberi kesempatan luar biasa untuk bisa menjawab anak, dari ancaman berbagai macam penyakit yang bisa dicegah.

Selain itu, katanya, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah sangat peduli dan konsen, bagaimana caranya untuk mempersiapkan generasi di masa depan.

"Kalau kita tahu bahwa 2035 itu ada bonus demografi, sehingga pemberian imunisasi secara lengkap itu akan menghindari anak dari penyakit juga kondisi stunting," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi mengatakan, untuk target BIAN di Kabupaten Serang akan dilakukan mulai hari ini, Senin (1-14/8/2022).

Sedangkan untuk jumlah sasaran BIAN yakni sebanyak 91.362 anak imunisasi Campak Rubella, 23.077 anak imunisasi kejar vaksin polio oral, 24.281 anak imunisasi lainnya dan imunisasi kombinasi seperti DPT HB HIB yakni sebanyak 28.821 anak.

Agus mengatakan, program ini akan dilakukan di sekitar 1.535 posyandu di seluruh wilayah Kabupaten Serang serta Puskesmas.

"Kami berharap dengan kolaborasi target tersebut akan tercapai," katanya

Menurutnya, kegiatan imunisasi akan dilakukan tidak hanya di puskesmas tapi juga posyandu, klinik, praktik mandiri bidan, dan praktik mandiri dokter.

Baca juga: Bulan Imunisasi Anak Nasional, PJ Gubernur Banten Minta Orang Tua Pastikan Anak Diimunisasi Lengkap

Sehingga diharapkan masyarakat dapat menuju tempat terdekat, untuk mendapatkan vaksinasi.

Jika target tidak tercapai 100 persen hingga 14 September, maka pihaknya akan melakukan sweeping langsung ke rumah-rumah, yang mempunyai anak agar mendapatkan imunisasi.

"Untuk sosialisasi sudah kami lakukan, dan tingkat kesadaran masyarakat sejauh ini sudah terlihat baik dan sadar akan pentingnya imunisasi," katanya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved