Breaking News:

Ketua DPR AS Kunjungi Taipei, China Marah, Puluhan Jet Tempur Dikerahkan Patroli di Langit Taiwan

Lebih dari 20 jet tempur China dilaporkan terbang ke zona pertahanan udara Taiwan, saat ketua DPR AS Nancy Pelosi berkunjung ke pulau itu.

Editor: Ahmad Haris
Dassault
Ilustrasi: Lebih dari 20 jet tempur China dilaporkan terbang ke zona pertahanan udara Taiwan pada Selasa (2/8/2022), saat ketua DPR AS Nancy Pelosi berkunjung ke pulau itu. 

TRIBUNBANTEN.COM - Ketua DPR AS Nancy Pelosi nekat berkunjung ke Taiwan, meski mendapat peringatan keras dari China.

Negeri pimpinan Xi Jinping pun mengerahkan lebih dari 20 jet tempur, untuk terbang ke zona pertahanan udara Taiwan pada Selasa (2/8/2022).

Hal itu diungkapkan oleh Kementerian Pertahanan Taiwan dalam sebuah pernyataan di Twitter.

Baca juga: AS Sebut Roket China Seberat 23 Ton Jatuh ke Bumi Lewati Samudra Hindia, Apa Dampak ke Indonesia?

"21 pesawat PLA (People's Liberation Army/Tentara Pembebasan Rakyat China) memasuki ADIZ barat daya Taiwan pada 2 Agustus 2022," klaim Kementerian Pertahanan Taiwan, mengacu pada zona identifikasi pertahanan udara.

Mengutip Kompas.com, seperti dilansir dari AFP, ADIZ tidak sama dengan wilayah udara teritorial Taiwan, tetapi mencakup area yang jauh lebih besar yang tumpang tindih dengan bagian dari zona identifikasi pertahanan udara China sendiri, dan bahkan mencakup beberapa daratan.

Sementara itu, beberapa kapal perang AS dilaporkan telah berlayar di perairan dekat Taiwan, saat Ketua DPR AS Nancy Pelosi diagendakan menuju Taipei dari Malaysia.

Angkatan Laut AS didapati telah mengerahkan empat kapal perang, di perairan timur Taiwan.

Seperti diberitakan Reuters, empat kapal perang AS, termasuk sebuah kapal induk, telah ditempatkan di perairan timur Taiwan dalam apa yang disebut Angkatan Laut AS sebagai pengerahan rutin pada Selasa (2/8/2022).

"Kapal induk USS Ronald Reagan telah transit di Laut China Selatan dan saat ini berada di Laut Filipina, di sebelah timur Taiwan-Filipina, dan selatan Jepang," kata seorang pejabat Angkatan Laut AS.

Reagan yang berbasis di Jepang beroperasi dengan kapal penjelajah peluru kendali, USS Antietam, dan sebuah kapal perusak, USS Higgins.

"Meskipun mereka mampu menanggapi segala kemungkinan, ini normal, pengerahan rutin," kata pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim.

Baca juga: Jokowi Temui Xi Jinping di China, Bahas KTT G20 di Bali hingga Persoalan Perang Rusia Ukraina

Pejabat AS mengatakan, kapal serbu amfibi USS Tripoli juga berada di daerah itu.

Namun, para pejabat AS telah berusaha meyakinkan China bahwa posisi kapal-kapal tempur mereka di kawasan itu tidak terkait dengan kunjungan Pelosi.

Sementara itu, sebelumnya, Juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengatakan kepada CNN bahwa Washington akan memastikan Pelosi memiliki “kunjungan yang aman dan terjamin”.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "21 Jet Tempur China Terbang ke Zona Pertahanan Taiwan Saat Ketua DPR AS Berkunjung"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved