Breaking News:

AWAS PERANG! China Gelar Latihan Militer Terbesar di Selat Taiwan, Jet Tempur Masuk Zona Pertahanan

Militer China pada hari Kamis (4/8) mengumumkan bahwa latihan militernya di sekitar Taiwan telah dimulai. Latihan ini berlangsung di enam zona

Editor: Glery Lazuardi
Instagram: @realxijinping
Presiden China, Xi Jinping. Militer China pada hari Kamis (4/8) mengumumkan bahwa latihan militernya di sekitar Taiwan telah dimulai. Latihan ini berlangsung di enam zona di sekitar Taiwan. 

TRIBUNBANTEN.COM - Militer China pada hari Kamis (4/8) mengumumkan bahwa latihan militernya di sekitar Taiwan telah dimulai. Latihan ini berlangsung di enam zona di sekitar Taiwan.

Dilansir dari AP News, latihan ini melibatkan angkatan laut, angkatan udara, pasukan roket, pasukan pendukung strategis, dan pasukan pendukung logistik yang ada di bawah Komando Teater Timur.

Sesuai dengan pengumuman sebelumnya, latihan militer China ini akan berlangsung pada 4-7 Agustus mendatang.

Baca juga: China Alami Inflasi, KFC Perkenalkan Menu Baru Ceker Ayam: Kecuali Bulunya!

Sementara itu, kantor berita Xinhua mengatakan bahwa latihan pekan ini merupakan operasi gabungan yang berfokus pada strategi blokade, penyerangan target laut dan darat, serta kontrol wilayah udara.

Menyusul pengumuman latihan militer ini, Taiwan pada hari Rabu (3/8) telah menempatkan militernya dalam status waspada tinggi. Latihan pertahanan sipil pun telah intens dilakukan selama beberapa bulan terakhir.

Latihan militer besar dengan tujuan untuk mengintimidasi Taiwan ini baru pertama kali dilakukan sejak terakhir kali terjadi pada tahun 1995 dan 1996.

Latihan militer yang digelar secara mendadak ini merupakan respons atas kunjungan ketua DPR AS, Nancy Pelosi, ke Taiwan awal pekan ini.

Kunjungan itu dianggap sebagai bentuk dukungan terbuka atas kemerdekaan Taiwan, yang oleh China dianggap sebagai provinsi pemberontak.

China juga melihat bahwa AS berusaha memperingatkan Taiwan atas ancaman China, termasuk potensi invasi yang bisa saja terjadi terhadap pulau itu.

Baca juga: Diperingatkan China, Nancy Pelosi Nekat ke Taipei, Satu Kapal Induk AS Dikerahkan ke Timur Taiwan

Sekitar 27 jet tempur dikirim oleh Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) pada Rabu (3/8/2022) ke wilayah yang ditetapkan Taiwan sebagai Area Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ).

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan di Twitter bahwa "27 pesawat PLA memasuki area sekitar R.O.C. pada 3 Agustus 2022," mengacu pada Republik China, nama resmi pulau itu.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved