Breaking News:

Belasan Anggota Dewan Absen Saat Tanda Tangan Pakta Integritas Kota Serang Bebas KKN

elasan anggota DPRD Kota Serang absen saat penandatanganan pakta integritas dalam rangka mewujudkan Kota Serang bebas dari KKN

Penulis: mildaniati | Editor: Abdul Rosid
Mildaniati/TribunBanten.com
Anggota DPRD Kota Serang saat mendatangani pakta integritas Kota Serang bebas KKN bersama Kejari Serang, Kamis (4/8/2022) 

Laporan Wartawan Tribun Banten.com, Mildaniati

TRIBUNBANTEN.COM, KOTA SERANG - Belasan anggota DPRD Kota Serang absen saat penandatanganan pakta integritas dalam rangka mewujudkan Kota Serang bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Penandatanganan pakta integritas Kota Serang bebas KKN dilakukan antara DPRD Kota Serang dengan Kejari Serang di ruang rapat paripurna gedung DPRD Kota Serang, Kamis (4/8/2022).

Dari 45 kolom tanda tangan yang disediakan, hanya terisi 31 orang saja termasuk ketua DPRD Kota Serang yang ikut tandatangan.

Baca juga: Aset Tak Kunjung Dikembalikan, DPRD Kota Serang Minta Mendagri Sanksi Pemkab Serang

Selebihnya, terdapat 15 anggota DPRD KOta Serang yang tidak hadir dan kolom tanda tangan itu kosong tak terisi.

Wali Kota Syafrudin mengapresiasi dengan adanya penandatanganan pakta integritas itu untuk pencegahan korupsi.

"Berbagai sektor kita libatkan, kami berterima kasih dan mengapresiasi setingginya terutama pada kajari Serang yang telah menggagas dengan adanya fakta integritas kaitannya dengan anti korupsi, kolusi dan nepotisme," ungkapnya.

"Sebenarnya ini sudah kita terapkan, akan tetapi untuk lebih meyakinkan semua pihak terutama Pemerintah Kota Serang, semua OPD dan Dewan Perwakilan Rakyat untuk dibuat fakta integritas ini mudah-mudahan jadi ingatan kita semua untuk terhindar dari korupsi kolusi dan nepotisme," terangnya.

Kajari Serang, Freddy D Simandjuntak mengatakan penandatanganan pakta integritas merupakan tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya dengan Wali Kota.

Substansinya adalah dari Kejaksaan Negeri Serang berkomitmen sama dengan pemerintah daerah dan DPRD kota Serang demi mewujudkan Kota Serang bersih dari KKN.

"Kami menyambut baik dan akan ditindaklanjuti ditingkat kota antara Kejari Serang dengan seluruh anggota DPRD," paparnya.

Baca juga: Komisi II DPRD Kota Serang Minta SMP Swasta yang Kekurangan Murid untuk Tingkatkan Mutu Pendidikan

Dengan adanya pakta integritas ini, diharapkan adanya sinergi antara Pemkot Serang dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Sementara, untuk pemetaan zona rawan korupsi, pihaknya mengaku belum bisa menjelaskan.

"Kami tidak bisa mengutarakan ada berapa peta atau titik di mana yang berpotensi melakukan korupsi, akan tetapi ini adalah bagian dari prinsip sama untuk membangun Kota Serang agar bersih dari KKN, artinya tidak semua instansi yang berpotensi," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved