Breaking News:

Utang Luar Negeri Indonesia Capai Rp 7.000 Triliun, Menteri Luhut: akan Terbayar dengan Sendirinya

Saat Groundbreaking Exit Tol Serang-Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan soal hutang negara Rp 7.000 triliun.

Penulis: Nurandi | Editor: Ahmad Haris
TribunBanten.com/Nurandi
Menko Luhut Binsar Pandjaitan saat meresmikan Ground Breaking Tol Panimbang bersama Menteri PUPR di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Senin (8/8/2022). 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Nurandi

TRIBUNBNATEN.COM, PANDEGLANG - Saat Groundbreaking Exit Tol Serang-Panimbang di Pandeglang hari ini, Senin (8/8/2022), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, menjabarkan soal utang luar negeri Indonesia.

Sebagaimana diketahui, utang luar negeri Indonesia mencapai Rp 7.000 triliun.

"Jadi dana pinjaman ini dari Cexim Bank, jadi seperti yang saya jelaskan tadi, jangan kita cerita bohongi rakyat mengenai (utang-red) Rp 7000 triliun, itu utang kita memang betul," katanya usai Groundbreaking Exit Tol Serang-Panimbang, Senin.

Baca juga: Menteri PUPR dan Menko Manives Resmikan Groundbreaking Tol Serang-Panimbang Seksi 3

Menurut Luhut, utang tersebut jika digunakan dengan benar, dan dibuktikan dengan bentuk fisik, maka akan memberikan dampak yang cukup baik, dan dapat membayar utang negara kembali.

"Tapi seperti ini, kalau memang ini (jalan tol-red) dibangun. Itu simpul-simpul ekonomi akan timbul, dan hutang-hutang itu akan terbayar dengan sendirinya," ujarnya.

Kehadiran Tol Serang-Panimbang di Kabupaten Lebak dan Pandeglang, menurut Luhut untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Provinsi Banten.

Selain membantu pertumbuhan ekonomi, Tol Serang-Panimbang akan di proyeksikan menjadi jalur wisata ke Tanjung Lesung.

Dengan keberadaan Tol Serang-Panimbang, maka jarak tempuh Jakarta-Tanjung Lesung bisa ditempuh dengan waktu 3 Jam.

Luhut juga menginformasikan, bahwa Indonesia menjadi negara dengan utang terkecil di dunia, jika dibandingkan dengan negara lain.

"Dan kita salah satu negara yang punya utang terkecil di dunia, 44 persen sekian dari PDB, dan itu dimenej dengan baik," ujarnya.

Dirinya menegaskan, masyarakat harus bangga menjadi orang Indonesia, berpuluh-puluh tahun tidak ada Tol ke Kabupaten Lebak dan Pandeglang, sekarang telah ada.

Baca juga: Menteri Luhut Kesal Nasib Indonesia Disamakan dengan Sri Lanka: Suruh Datang ke Saya Dia!

"Jadi saya minta teman-teman ini, sampaikan kepada mulut-mulut orang yang bicara, yang tidak jelas. Jadi kita jangan membohongi rakyat kita, saya titip itu," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono meresmikan Groundbreaking Exit Tol Serang-Panimbang, di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang

Perkembangan Tol Serang-Panimbang saat ini sudah memasuki Seksi II Rangkasbitung-Cileles, yang tahap pembangunannya sudah 30 persen.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved