Breaking News:

Jadi Tersangka, Perakit Odong-odong Maut di Serang Pasang Tarif Pembuatan Rp 85 Juta per Unit

Pemilik bengkel sekaligus perakit odong-odong yang tertabrak kereta api di Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang telah ditetapkan tersangka oleh polisi

Penulis: desi purnamasari | Editor: Abdul Rosid
istimewa
Pemilik bengkel sekaligus perakit odong-odong yang tertabrak kereta api di Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang telah ditetapkan tersangka oleh polisi. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Pemilik bengkel sekaligus perakit odong-odong yang tertabrak kereta api di Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang telah ditetapkan tersangka oleh polisi.

"Hasil penyelidikan dan gelar perkara, penyidik kembali menetapkan satu orang tersangka," kata Kapolres Serang AKBP Yudha Satria saat ekspos di Mapolres Serang, Senin (15/8/2022).

Yudha mengatakan, tersangka baru berinisial M warga Kabupaten Tangerang-Banten.

Baca juga: Polresta Serang Kota Bekukan Kegiatan Beroperasinya Kendaraan Odong-odong

"M merupakan perakit sekaligus pemilik bengkel Komodo di wilayah Tangerang," katanya.

Odong-odong yang dijual M dibeli oleh orang dari berbagai daerah. Mobil hasil modifikasinya tersebut dijuak seharga Rp 55-85 juta tiap unit.

Meskipun ditetapkan sebagai tersangka, M sangat kooperatif sehingga tidak dilakukan penahanan, dan mengingat ancaman hukuman di bawah 5 tahun.

"Hanya diwajibkan wajib lapor, tidak dilakukan penahanan," katanya.

Tersangka di jerat dengan pasal 277 serta Undangan-undang nomor 22 tahun 2009 tentang angkutan dan jalan, dengan ancaman Pidana 1 tahun dan denda Rp24 juta.

Sementara, kata Yudha, untuk pemilik kendaraan mobil odong-odong, belum bisa dijadikan tersangka, dan statusnya masih sebagi saksi.

Yudha juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak menggunakan kendaraan odong-odong.

Sementara,. untuk pemilik odoang-odong agar tidak mengoperasikan kendaraan jenis tersebut karena selain berbahaya juga melanggar ketentuan undang-undang lalulintas.

Baca juga: Berkaca dari Peristiwa Odong-odong Maut di Serang, Edukasi Lalu Lintas Sejak Usia Dini

Sebelumnya, Tragedi kecelakaan antara odong-odong dengan kereta api di perlintasan tanpa palang pintu di wilayah Desa Silebu, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang-Banten, pada Sabtu (26/7/2022) yang menewaskan 10 penumpang memasuki babak baru.

Dari peristiwa tersebut, sang sopir berinisal JL ditetapkan sebagai tersangka. Karena lalai dan membawa odong-odong ke jalan raya yang tidak sesuai dengan peruntukannya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved