Breaking News:

Kemenkumham Banten

Di Hadapan Mahasiswa Baru Untirta, Ini yang Disampaikan Kadiv Yankumham Kemenkumham Banten

Pentingnya mahasiswa untuk memanfaatkan kebebasan berekspresi dengan bertanggungjawab.

dokumentasi Humas Kemenkumham Banten
Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia (Yankumham) Kemenkumham Banten Andi Taletting Langi memberikan pendalaman materi di Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tingkat Universitas Sultan Ageng Tirtayasan 2022, Senin (15/8/2022). 

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Pentingnya mahasiswa untuk memanfaatkan kebebasan berekspresi dengan bertanggungjawab.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia (Yankumham) Kemenkumham Banten Andi Taletting Langi mengatakan setiap orang berhak dan bebas mengeluarkan pendapat.

"Termasuk memiliki pendapat tanpa gangguan, untuk mencari, menerima, dan menyampaikan informasi serta buah pikiran melalui apa saja dengan tidak memandang batas-batas," katanya.

Baca juga: Penguatan Kehumasan Kemenkumham: Tanpa Humas, Pertempuran Tidak akan Dimenangkan

Hal itu dikatakan Andi saat memberikan pendalaman materi di Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tingkat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2022, Senin (15/8/2022).

Andi membawakan materi pengembangan karakter mahasiswa sebagai intelektual dan anti-kekerasan (anti-perundungan).

Menurut dia, satu di antara hal yang penting dari keberhasilan suatu bangsa dilihat dari kualitas karakter yang dimiliki.

Andi tidak memungkiri terdapat tantangan yang muncul dari kebebasan yakni disinformasi, misinformasi, ujaran kebencian (hate speech), hate crime, dan hoaks.

Tantangan itu harus diiringi dengan sikap kritis dari setiap orang.

“Banyak orang indonesia berkerumun di internet (lebih dari separuh populasi) dan terpapar beragam informasi tanpa literasi/ kemampuan bersikap kritis yang memadai," ucapnya.

Baca juga: Pungli dan Narkoba Jadi Atensi, Kemenkumham Banten Berikan Penguatan Jajaran Lapas dan Rutan

Untuk itu, pentingnya literasi atau kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis.

Kemampuan itu untuk mereduksi risiko-risiko dan bisa menjadi generasi yang cerdas demi terwujudnya generasi era society 5.0.

pengenalan mahasiswa baru untirta
Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tingkat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2022, Senin (15/8/2022).
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved