Breaking News:

Paket Wisata Kabupaten Serang Banten: Pesona Pantai Anyer hingga Kunjungan ke Desa Wisata Cikolet

Disporapar Kabupaten Serang akan membuat paket desa wisata. Nantinya, paket desa wisata itu akan diiinformasikan kepada tamu-tamu di hotel.

Penulis: desi purnamasari | Editor: Glery Lazuardi
Dok. Ahmad Haris
Kawasan pantai Anyer hingga Carita. Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang akan membuat paket desa wisata. Nantinya, paket desa wisata itu akan diiinformasikan kepada tamu-tamu di hotel. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang akan membuat paket desa wisata. Nantinya, paket desa wisata itu akan diiinformasikan kepada tamu-tamu di hotel.

“Kita akan membuat paket desa wisata nantinya para pengunjung khususnya di Anyer bisa diarahkan juga untuk menikmati wisata yang ada di desa,” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang Anas Dwi Satya di Pemkab Serang, Senin (15/8/2022).

Baca juga: 9 Wisata Pantai Pasir Putih Terbaik di Banten, Nomor 1 Bukan Anyer atau Tanjung Lesung

Paket tersebut nantinya akan diuji coba di daerah wisata di Pantai Anyer bekerjasama dengan hotel-hotel, paket desa wisata menawarkan berbagai wisata nantinya seperti wisata alam, penampilan seni budaya, dan kuliner.

Salah satu yang menjadi percontohan paket desa wisata juga akan diterapkan di Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang dalam waktu dekat.

“Dengan adanya paket wisata desa, kita berharap agar wisatawan tidak hanya menikmati pemandangan pantai di Anyer namun bisa juga menikmati pemandangan curug salah satunya di Desa Cikolelet,” katanya.

Desa Cikolelet sendiri masuk dalam kategori desa terbaik se-Indonesia memiliki berbagai keunggulan termasuk seni budaya dan kuliner.

Warga setempat mengembangkan sejumlah kuliner seperti produksi kopi lokal, susu kambing etawa, maupun budi daya lele.

Ia juga berharap dengan adanya paket desa wisata akan menumbuhkan perekonomian di desa dan menciptakan lapangan kerja baru bagi warga setempat.

“Kita kembangkan paket desa wisata kedepannya dan semoga dengan adanya paket desa wisata juga akan mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Serang,” ucapnya.

Baca juga: Mengenal Desa Cikolet Peraih 2 Penghargaan di ADWI 2021: Miliki Wisata Alam Berpadu Kearifan Lokal

Selain itu, ia juga menjelaskan pengembangan paket wisata desa tersebut juga beriringan dengan pembangunan akses infrastruktur ke lokasi wisatanya.

“Akses jalan saat ini sedang dibangun untuk menuju sejumlah lokasi wisata di Cikolelet, dan nantinya setelah jadi dapat memudahkan masyarakat maupun wisatawan yang ingin berkunjung ke Cikolelet,” katanya.

Lebih lanjut, ia juga akan bekerjasama dengan sejumlah provider agar akses sinyal di pelosok seperti di Desa Cikolelet bisa mendapatkan sinyal.

“Karena ini juga menyangkut masalah komunikasi, jika komunikasi susah dijangkau juga wisatawan bisa malas untuk datang kesini,” katanya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved