Breaking News:

Kampung Kedurung Kelurahan Pabean Kota Cilegon Puluhan Tahun Krisis Air Bersih, Lurahnya Bilang Gini

Puluhan tahun warga Lingkungan Kedurung Kelurahan Pabean, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, mengalami krisis air bersih.

Penulis: Sopian Sauri | Editor: Ahmad Haris
TribunBanten.com/Sopian Sauri
Puluhan tahun warga Lingkungan Kedurung Kelurahan Pabean, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon mengalami krisis air bersih, tapi tak kundung dapat perhatian. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Sopian Sauri

TRIBUNBANTEN.COM, KOTA CILEGON - Warga Lingkungan Kedurung Kelurahan Pabean, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon sudah berpuluhan tahun mengalami krisis air bersih.

Untuk mencukupi kebutuhan air bersih, warga hanya mengandalkan air hujan, atau membeli dari wilayah di kaki bukit di Lingkungan Pecinan, melalui ojek air dengan jarak tempuh sekitar satu setangah Kilometer.

Terkait hal itu, Lurah Pabean Nurul Hadiyati mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan penerintah dengan melibatkan para ahli, untuk mencari titik sumber air di Lingkungan Kedurung.

Baca juga: Lingkungan Kedurung Cilegon Puluhan Tahun Krisis Air, Warga: Air Lebih Berharga Dibandingkan Uang!

Menurutnya, krisis air yang dialami warga Kedurung karena banyaknya bebatuan, sehingga sulit menemukan titik pengeboran air.

Karena itu, pihaknya akan berkoordinasi kepada pemerintah dengan melibatkan para ahli, untuk menemukan titik sumber mata air di Lingkungan Kedurung.

"Tentunya dalam hal ini kita akan berupaya, trus berkoordinasi dengan pimpinan baik camat, wali Kota dan wakil wali kota juga seluruh OPD terkait, juga melibatkan para ahli," ujar Nurul, kepada TribunBanten.com saat ditemu di Kantornya, Jumat (19/8/2022).

Selain itu, lanjut Nurul, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Industri-industri Kota Cilegon, untuk pembuka jaringan air bersih agar sampai ke atas bukit warga Kedurung.

"Karena selama ini para masyarakat atau penduduk Lingkungan Kedurung membeli air di bawah bukit," ucapnya.

Ia mengaku, pada 18 Agustus 2022 kemarin, kedatangan Non-Governmental Organization (NGO) dari jepang melihat langsung warga Kedurung yang krisis air.

"Kemarin sempat ada NGO dari Jepang, mereka berkunjung melihat langsung cukup miris melihatnya, bagaimana masyarakat terdampak akibat air bersih di lingkungan Kedurung," ungkapnya.

Baca juga: Bukit Kedurung, Destinasi Wisata Hits dan Terbaru di Kota Cilegon Dikunjungi Helldy Agustian

"Namun melihat semangatnya masyarakat, seperti tidak ada masalah," tambahnya.

Menurutnya, harapan masyarakat Kedurung saat ini, ingin adanya jaringan air bersih hingga ke atas bukit.

"Harapan besar bagi mereka bahwa ada jaringan air bersih sampai atas," pungkasnya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved