Breaking News:

Realisasi Penerimaan Pajak Daerah di Lebak Meningkat 70 Persen, 3 Sumber Ini Penyumbang PAD Terbesar

Bapenda Kabupaten Lebak mencatat, realisasi penerimaan pajak daerah pada bulan Juli tahun 2022, meningkat menjadi 70 persen.

Penulis: Nurandi | Editor: Ahmad Haris
Ilustarsi/Net
Ilustrasi pajak. Bapenda Kabupaten Lebak mencatat, realisasi penerimaan pajak daerah pada bulan Juli tahun 2022, meningkat menjadi 70 persen. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Nurandi

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Lebak mencatat realisasi penerimaan pajak daerah pada bulan Juli tahun 2022, meningkat menjadi 70 persen, dari yang sebelumnya pada bulan April baru mencapai 48 persen.

Pada tahun 2021, penerimaan pajak daerah di Lebak mencapai Rp59,5 miliar, sedangkan bulan Juli tahun 2022 lalu Bapenda berhasil mendapatkan Rp97,2 miliar.

Kepala Bapenda Kabupaten Lebak Hari Setiono mengatakan, ada 3 sektor yang menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) Lebak di tahun 2022 ini.

Baca juga: Wisata Banten: Pemkab Lebak akan Kenakan Tarif ke Pengunjung Museum Multatuli untuk Optimalkan PAD

“Penerimaan paling tinggi berasal dari BPHTB, Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan, dan Pajak Penerangan Jalan, Jadi masih sama dengan tahun sebelumnya memang sektor tersebut penyumbang terbesarnya," katanya saat dihubungi TribunBabten.com, Jumat (19/8/2022).

Inillah sektor penyumbang pendapatan yakni dari Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, Pajak Penerangan Jalan (PPJ), Pajak Parkir, dan Pajak Air Tanah.

Selain 6 sektor tersebut, ada 4 sektor lainnya yang juga sebagai penyumbang PAD yakni Pajak Sarang Burung Walet, Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan, Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBBP2), dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Berikut rincian pendapat pajak di Lebak:

- Pajak Hotel Rp 238,6 juta

- Pajak Restoran Rp 3,1 miliar

- Pajak Hiburan Rp 111 juta

- Pajak Reklame Rp 445 juta

- Pajak Penerangan Jalan Rp 15 miliar

- Pajak Parkir Rp 441 juta

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved